Cara Membuat Biopori untuk Resapan Air dan Mengatasi Banjir

Cara Membuat Biopori untuk Resapan Air dan Mengatasi Banjir

Biopori, kamu tau ga sih lubang biopori adalah? Mau tahu ga apa itu lubang biopori, atau kamu mau tahu cara membuatnya, kalau iya kamu bisa coba baca artikel ini lebih lanjut. Lubang biopori ini bisa buat di rumah kamu sendiri loh.

Pengertian Biopori

Manfaat lubang biopori
Ilustrasi lubang

Biopori adalah sebuah lubang yang kita buat sendiri dengan menggunaka besi panjang yang ujungnya lancip seperti bor. Kedalaman untuk lubang biopori ini adalah yang bisanya 1 sampai 1,5 meter dari permukan tanah sampai kedalam tanah. Lubang biopori ini juga biasa disebut lubang resapan.

Untuk diameter lubang biopori adalah kurang lebih hanya mencapai 15 sampai 20 cm saja. Lubang yang sudah digali atau dibor tadi bisa langsung dimasukan sesuatu yang organik, sampah organik, dan sampah dapur.

Sampah organik yang tadi dimasukan kedalam lubang nantinya akan menjadi dan berfungsi sebagai makanan bagi makhluk yang hidup dibawah tanah, hal ini juga berfungsi sebagai pupuk organik untuk tumbuhan yang berada didekat lubang tersebut.

Manfaat Biopori

Manfaat lubang biopori
Tumbuhan yang bagus

Tujuan pembuatan lubang biopori adalah untuk memdapatkan manfaat, jika kamu membuat biopori di halaman rumahmu sendiri. Berikut ini adalah 4 manfaat singkat dalam pembuatan lubang biopori. Karena ini sangat berguna untuk peresapan air dan menyuburkan tumbuhan.

  1. Mengurangi Sampah Organik

Manfaat yang pertama adalah yaitu mengurangi sampah organik. Jika kamu memiliki sampah dapur atau sampah dedaunan yang banyak kamu sebaiknya membuat lubang ini karena akan sangat berguna. Kamu bisa membuang sampah daun tersebut ke lubang ini.

Hal ini akan membantu juga untuk mengurangi sampah yang nantinya akan di buang ke tempat (Tempat Pembuangan Akhir) atau TPA. Dengan ini kita tanpa kamu niatkan akan membantu petugas sampah.

Dengan ini juga kamu akan mengerti dalam memilih dan memilah antara sampah organik dan sama anorganik.

  1. Menyuburkan Tanah

Tidak lain dan tidak bukan adalah sangat bagus untuk menyuburkan tanah. Saat kamu memasukan sampah organic kedalam lubang biopori ini, yang nantinya akan ada proses biologi yang akan mengubah sampah organic tadi menjadi pupuk organic.

Dengan ini lah tanah akan berubah menjadi pupuk organic, yang berarti tanah akan menjadi jauh lebih subur dibandingkan dengan sebelumnya.

  1. Membantu Mencegah Terjadinya Banjir

Ini juga sangat lah berguna dan bagus sekali, apakah di daerahmu sering terkena banjir? Jika iya hal ini sangatlah cocok untuk membuat lubang biopori ini. kamu tahukah apa penyebab daerah kamu yang sering terkena banjir atau banyak genangan air padahal hujan tidak terlalu deras.

Hal ini biasanya disebabkan dimana daerah yang penduduknya lumayan padat dan kurangnya daya serap air yang harusnya dilakukan oleh tanah. Tidak hanya itu hal ini jiga dikarenakan system drainase yang tidak baik.

Dengan membuat lubang biopori ini kamu akan dapat membuat penyerapan air menjadi lebih baik. Membuat air yang mengenang tadi lebih mudah diserap oleh tanah. Lubang-lubang yang kamu masukan sampah organic tadi akan membuat banyak cacing tanah yang berdatangan.

Cacing ini nantinya akan membuat resapan air pada tanah menjadi lebih baik, karena cacing cacing tersebut nantinya akan membuat banyak terowongan kecil didalam tanah, yang tanpa mereka sengaja. Mereka membuat terowongan tersebut karena perjalanan menuju sampah organic tadi.

  1. Mempengaruhi Jumlah Air Tanah

Masih dengan pengaruh tentang terwongan yang dibuat oleh cacing tadi. Tanah akan menjadi lebih gembur dan juga akan meningkatkan permukaan tanah menjadi lebih luas. Tanpa kamu ketahui bahwa daya tamping air pada tanah akan meningkat.

Bahkan bisa sampai 40 kali lipat dari biasanya, karena lubang biopori terebut.

Lokasi Pembuatan Biopori

Manfaat lubang biopori
lubang yang diisi sampah organik

Untuk lokasi pembuatan lubang biopori sebaiknya di halaman rumah atau di tempat yang bertanah. Yang dimana tempat ini nantinya akan mudah untuk terkena hujan. Contoh tempat yang mudah terkena hujan adalah, sekitar tempat parkiran, halaman rumahmu sendiri, sekitar pepohonan, dan lain sebagainya.

Cara membuat lubang biopori

Manfaat lubang biopori
Pupuk yang dihasilkan lubang

Ini adalah cara membuat lubang biopori yuk simak lebih lanjut.

Tentu saja yang pertama adalah menyiapkan alat dan bahan untuk pembuatan lubang ini sebelum kamu ke lanjut tahap cara pembuatan.

Alat Dan Bahan

Pipa PVC yang sudah dilubangi untuk membuat biopori

Bor tanah

Pipa PVC dan penutup yang sudah dilubangi bagian sisi-sisinya

Sampah organik

Air

Bor tanah, digunakan untuk membuat lubang resapan biopori.

Langkah-langkah pembuatan lubang biopori

  1. Stelah kamu sudah menyiapkan alat dan bahan tadi kamu bisa lanjut ke tahap pembuatan lubang biopori ini. Proses untuk melubangi tanah untuk pembuatan biopori

Sebelumnya pasti kamu akan mencari tempat atau tanah untuk dilubangi. Tentukan juga lokasi yang akan kamu tempati.

  1. Setelah tempatnya sudah ada, kamu bisa memulai langusung mengebor tanah dengan menggunakan bor tanah tadi. tetapi sebelum mengebor tanah kamu disarankan untuk memberikan air terlebih dahulu. Supaya saat mengebor nanti tanah akan lebih lunak dan lebih hemat tenaga juga.
  2. Lubangi tanah dengan menggunakan bor tanah, tetapi kamu harus membuatnya diperhatikan ketegakan dan kelurusan bornya. Buatlah lubang dengan mencapai kedalaman minimal 1 meter, jika ini lebih dalam lagi bisa kamu lakukan samapi 1,5 meter saja. Untuk diameter kurang lebih 10 atau 20 cm saja.
  3. Pipa PVC tadi kamu lubangi dengan lubang yang banyak dengan menggunakan bor biasa. Kurang lebih ukuran bor sebesat setengah cm itu palingbesar ya, usahakan nanti sampah organic tadi tidak keluar dari pipianya.
  4. Setelah tanah sudah dilubangi masukan pipa PVC yang berukuran sesuai dengan ukuran lubang. Kemudian tinggal kamu masukan pipa ini yang sudah di dalam lubang tadi dengan menggunakan sampah organic atau sampah dapur yang kamu miliki.

Seperti sampah buah, sampah sayuran, kulit buah-buahan, kulit sayuran, rumput, dedaunan, dan apapun yang itu adalah organinc.

  1. Yang terakhir adalah menutup pipa PVC yang sudah dipenuhi oleh sampah organindengan menggunakan tutup pipa yang ukuranya juga sesuai. Tapi sebelumnya tutup pipa itu juga sudah dilubangi ya, karena ini sangat penting juga kedepanya, pada saat penyerapan air.

Perawatan Biopori

Manfaat lubang biopori
Merawat lubang

Selain menanam atau membuat lubang biopori adalah kamu juga harus merawat luabng ini agar tetap dalam kondisi yang sesuai dan dalam fungsi yang sama. Yang harus kita lakukan tidak susah kok, dan melakukannya juga jarang-jarang.

  1. Kamu harus tetap memasukan sampah organic ke dalam lubang biopori ini. Tapi kalau kamu tidak ingin setiap hari mengisi lubang ini dengan sampah organic, kamu bisa lakukan cara ini setiap 5 hari sekali saja, isilah lubang ini sampai penuh lagi dengan sampah organic.
  2. Lubang yang sudah kamu isi sampah organic sampai penuh tadi, kamu bisa diamkan selama kurang lebih 3 bulan saja untuk membuat sampah tadi berubah menjadi pupuk organic juga atau pupuk kompos.
  3. Setelah 3 bulan tadi, kamu bisa angkat pupuk kompos atau pupuk organic tadi dari lubangnya. Bukan kamu angkat pipanya hanya angkat pupuk yang sudah berubah tadi saja. Kemudian lubang yang tadi sudah kosong bisa kamu isi lagi dengan sampah organic lain yang baru.

Pupuk kompos bisa dugunakan untuk memupuk tanaman jika kamu hobi dengan tumbuhan.

Tips Dan Trik Untuk Memaksimalkan Lubang Biopori

Manfaat lubang biopori
Pupuk yang dimaksimalkan

Jika masih kurang baca ini lagi ya, berikut ini adalah tips and trick dalam pembuatan lubang biopori menjadi lebih mudah dan hepi saat membuatnya.

  1. Untuk melubangi tanahnya suapaya lebih mudah adalah, setiap kamu memsukan bor tanah keĀ  dalam tanah, Tarik mata bor ke araha kanan dan kemudian angkat bor keluar keatas. Bersihkanlah tanah yang menempel di mata bor tanah. Lakukanlah cara ini sampai lubang sedalam yang kamu mau.
  2. kedua kamu bisa lakukan dengan menyiram tanah yang kamu bor selama pengeboran dilakukan. Dengan cara ini kamu akan lebih mudah untuk mengerjakannya. Ketika kamu sedang mengebor dan kamu menemukan bebatuan kecil atau kerikil.

Hal ini akan menyulitkan kamu dalam pengeboran tanah, jika ini terjadi kamu bisa mengambil batu tersebut, yang nantinya akan membuat lebih mudah dikerjakan tolong jangan paksakan karena akan membuat kamu lebih berat saat mengebor.

  1. Apakah kamu tidak memiliki bor tanah? Jika kamu belum membelinya dan ingin melakukannya segera kami bisa melakukannya dengan menggunakan linggis sebagai penggantinyya, tapi kamu harus sabar ya, karena memang berbeda sekali, pasti akan elbih sulit dengan menggunakan linggis.
  2. Jika kamu menginginkan lubang bioporimmu menjadi lebih tahan lama atau awet, kamu bisa dengan melakukan penyemenan dibagian lubang, dengan cara di sekelilingnya.

Ini dia adalah 4 tips dan trick yang kamu bisa lakukan untuk membuat lubang biopori. Jika kamu masih kesulitan atau bingung untuk membuatnya silahkan lihat video yang ada dibwah ini.

Lubang biopori ini sangatlah bermanfaat, jika kamu melakukanya sendiri akan berdampak baik bagi dirimu. Coba kamu bayangkan jika ada 100 keluarga yang melakukanya di daerahmu, pasti nanti tempatmu akan berbeda dengan tempat lain.

Jika kamu seorang RT, RW, atau orang yang aktif dalam social kewargaan kamu bisa mengajak tetangga atau para warga untuk melakukan pembuatan luabgn biopori.

Oke sekian dari saya semoga bermanfaat. Satu lagi jangan lupa untuk di share yaa.

Leave a Comment