√ Doa Buka Puasa dan Sahur Yang Benar Terlengkap Sesuai Sunnah

Definisi dari puasa yaitu menahan diri dari makan dan juga minum serta segala perbuatan yang dapat membatalkan puasa yang dimulai dari terbitnya matahari hingga terbenam. Puasa masuk ke dalam rukun islam yang ada. Puasa wajib bagi orang islam salah satunya adalah puasa Ramadhan.

Terdapat puasa wajib lain yang perlu Anda bayarkan dan jika tidak, maka akan mendapatkan dosa. Puasa yang wajib Anda jalankan selain puasa Ramadhan adalah puasa karena nazar dan puasa kifarat atau puasa denda.

Sedangkan untuk puasa sunah ada banyak dan salah satunya yaitu puasa senin kamis. Dengan berpuasa tentu Anda membutuhkan doa untuk berbuka. Selanjutnya doa buka puasa dan sahur.

Jika tadi sudah membahas puasa, maka selanjutnya adalah sahur. Sahur merupakan sebuah istilah dalam islam yang merujuk kepada aktivitas makan yang dilakukan oleh umat islam yang waktu pengerjaannya ada pada malam dini hari.

Biasanya sahur ini dilakukan bagi mereka yang akan menjalankan ibadah puasa pada saat bulan Ramadhan. Untuk sahur dilakukan pada dini hari hingga waktu imsyak datang, dan akan dihentikan ketika sudah memasuki wilayah sholat subuh.

Di setiap kota tentu waktunya berbeda–beda akan hal ini. Lebih lengkapnya untuk doa buka puasa dan sahur

Doa Buka Puasa Dan Sahur Sesuai Sunnah Yang Benar

Doa Buka Puasa Lengkap

Ketika sedang memasuki bulan Ramadhan tentu berlomba – lomba berbuat kebaikan dan diantara kebaikan tersebut terdapat sunah dari puasa Ramadhan yaitu menyegarkan berbuka dan membaca doa ketika berbuka puasa serta begitu juga untuk sahur. Lalu kapan dibacakannya doa tersebut?

Dan bagaimana mengenai keutamaannya? berikut merupakan beberapa doa buka puasa dan sahur doa terlengkap yang perlu untuk Anda ketahui baik doa buka puasa dan doa atau bacaan pada waktu sahur :

Artiket Terkait: √ Doa Zakat Fitrah dan Mal Terlengkap Baik & Benar (Arab, Latin, Gambar)

1. Doa Buka Puasa Dzahaba Dzoma’u

Doa buka puasa yang pertama yaitu doa dzahaba dzoma’u. Doa ini dinilai paling baik mengenai derajat hadistnya oleh para ulama sehingga disimpulkan bahwa doa dzahaba dzoma’u merupakan doa yang paling utama untuk dibaca pada saat berbuka puasa.

Doa ini diriwayatkan oleh Abu Dawud dan juga Daruquthni, lalu dihasankan Syaikh Nasiruddin Al – Albani di dalam Irwaul Ghalil, Misykatul Mashabih dan juga Shahih Abi Dawud. Lalu di dalam ilmu fiqih Sunnah, Syaikh Sayyid Sabiq menegaskan keshahihan atas doa ini.

Berikut merupakan bacaannya disertai dengan tulisan arab, latin, dan juga terjemahannya :

doa buka puasa ramadhan

Doa ini juga oleh Syaikh Yusuf Qardhawi dicantumkan sebagai doa yang shahih yang berasal dari Rasulullah SAW di dalam Fiqhush Shiyam.

2. Doa Buka Puasa Allahumma Laka Shumtu

doa buka puasa ramadhan

Lalu yang kedua ada doa buka puasa Allahumma Laka Shumtu. Abu Dawud telah meriwayatkan doa ini dan telah dinilai hasan oleh Syaikh Nasiruddin Al – Albani di dalam Misykatul Mashabih. Akan tetapi didhaifkannya di dalam Shahih wa Dhaif Al Jami’u Ash Shaghir dan juga kitab – kitab lainnya.

Bacaan ini merupakan bacaan yang biasa kita ucapkan ketika berbuka puasa dan sudah seperti menjadi bacaan buka puasa yang melekat di masyarakat. Tuntunan – tuntunan bacaan ini juga disebarkan di televisi, radio, dan media lainnya. Berikut merupakan bacaan arab, latin, dan juga terjemahannya secara lengkap :

Artikel Terkait: √ Doa Masuk Kamar Mandi dan Keluar (Gambar, Arab, Latin & Artinya!)

3. Doa Gabungan

Doa ini merupakan doa yang menggabungkan doa Dzahaba Dzoma’u dan doa Allahumma Laka Shumtu. Doa gabungan ini merupakan doa versi lengkap yang sering ditampilkan di televisi maupun radio. Namun tidak ada patokan untuk doa buka puasa harus menggunakan doa yang ini.

Jika Anda menggunakan masing – masing doa Dzahaba Dzoma’u dan doa Allahumma Laka Shumtu juga tidak masalah dan boleh digunakan. Doa gabungan ini ada di dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu yang telah disusun oleh Prof. Dr. Wajbah Az Zuhaili, dan beliau menyebut doa ini sebagai doa buka puasa yang ma’tsur. Berikut doanya:

doa buka puasa ramadhan

Untuk doa buka puasa di setiap daerah memiliki waktu yang berbeda – beda tergantung kepada seberapa lama matahari terbenam di daerah Anda dan waktu maghrib tiba.

Jadi, jika adzan maghrib sudah berkumandang, itu artinya Anda sudah dapat melakukan buka puasa dengan santapan yang telah disediakan terlebih dahulu.

Lalu alangkah baiknya jika Anda membatalkan saja terlebih dahulu puasa Anda dengan meminum air putih lalu mengambil air wudhu untuk melaksanakan sholat maghrib baru setelah itu Anda dapat menyantap makanan.

4. Waktu Membaca Doa Buka Puasa

doa buka puasa ramadhan

Lalu muncul sebuah pertanyaan mengenai kapan waktu yang tepat untuk membaca doa buka puasa ini ? memang doa – doa yang lain dapat dibaca sebelum memulai sesuatu seperti pada doa makan, doa naik kendaraan, doa berpakaian.

Namun untuk doa buka puasa ini dibaca selepas berbuka dan bacaan yang dibaca sebelum berbuka hanyalah membaca basmalah.

Hal tersebut berlaku pada saat Anda ingin berbuka dan lakukan bacaan buka puasa selepas Anda membaca basmalah dan berbuka atau membatalkan puasa terlebih dahulu lebih tepatnya. Dengan Anda membaca doa tersebut berarti Anda telah siap untuk membatalkan puasa.

Doa merupakan sesuatu yang baik. Berbicara mengenai doa buka puasa dan dilihat dari artinya bahwa dengan kita melaksanakan puasa pada hari itu maka kita telah bersyukur atas rezeki yang kita terima serta tidak lupa untuk memohon ampun atas dosa yang sudah diperbuat.

Pada intinya doa buka puasa merupakan doa untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT sehingga dapat melaksanakan buka puasa dan telah selesai melaksanakan ibadah puasa seharian full tanpa melakukan hal – hal yang dapat menyebabkan puasa tersebut menjadi makruh bahkan batal sekalipun.

5. Keutamaan Doa Menjelang Buka Puasa

doa buka puasa ramadhan

Keutaman dari doa yang dipanjatkan ketika menjelang buka puasa yaitu saat – saat dimana yang paling mustajabah untuk dilakukannya doa – doa.

Jadi, sepanjang waktu yang ada pada saat sedang berpuasa yang dimulai dari terbitnya matahari hingga terbenam merupakan waktu yang sangat mustajabah untuk berdoa dan lebih mustajabahnya lagi pada waktu menjelang adzan maghrib atau menjelang buka puasa.

Maka dari itu, perbanyaklah doa – doa pada saat menjelang waktu berbuka. Doa untuk kebaikan di dunia dan juga di akhirat dan doa – doa yang baik lainnya. Hal ini merupakan kesempatan Anda untuk memanjatkan doa baik.

Pada dasarnya, ketika Anda sedang berpuasa atau menahan diri dari makan dan minum serta hawa nafsu yang akan membatalkan puasa maka Anda telah berniat untuk mensucikan diri.

Di waktu terbitnya matahari hingga terbenam, waktu itu merupakan waktu yang emas untuk Anda berdoa memohon dihapuskan segala dosa yang telah diperbuat dan juga melakukan aksi nyata untuk kebaikan – kebaikan yang nantinya catatan baik tersebut akan dibawa di akhirat.

Jadi rugilah mereka umat islam yang tidak melakukan ibadah puasa karena suatu hal. Jika Anda batal puasa, maka Anda dapat membayar hutang tersebut kelak ketika bulan Ramadhan habis.

Artikel Terkait: √ Doa Sebelum Makan & Sesudah Lengkap (Gambar, Arab, dan Artinya)

6. Doa Ketika Sahur

Setelah tadi sudah membahas mengenai doa yang harus dibaca ketika berbuka puasa. Maka kali ini kita akan sedikit membahas mengenai doa yang dibacakan pada saat sahur. Di dalam kitab – kitab hadits tidak ada doa yang khusus ketika sahur.

Oleh sebab itu, doa ketika sahur disamakan dengan doa akan memulai makan, karena sahur juga merupakan kegiatan makan namun yang membedakan adalah ada pada waktu pelaksanaannya, karena sahur dilaksanakan pada malam dini hari sebelum waktu subuh tiba.

Berikut ini merupakan doa sahur atau lebih tepatnya doa ketika akan makan, yaitu:doa buka puasa ramadhan

7. Doa Ketika Niat Puasa

doa buka puasa ramadhan

Ternyata Jumhur ulama yang selain madzhab Syafi’i telah sepakan bahwa ketika sahur itu sudah merupakan niat dari berpuasa kecuali ketika sahur niatnya tidak untuk berpuasa, dan jika menurut madzhab Syafi’i, sahur tersebut tidak termasuk ke dalam niat puasa kecuali ketika sahur sudah disertai dengan niat untuk berpuasa.

Lalu bagaimana sebenarnya bacaan yang tepat untuk niat berpuasa ? berikut ini merupakan niat berpuasa dari madzhab Syafi’i yang disunnahkan:

doa buka puasa ramadhan

Niat puasa ini harus Anda baca sebagai salah satu syarat sah berpuasa. Jika Anda tidak niat, maka akan sia – sia Anda berpuasa atau telah menahan rasa lapar seharian. Niat ini dilakukan ketika akan melaksanakan puasa.

Salah satu Sunnah juga pada bulan Ramadhan yaitu shalat tarawih atau sholat yang waktu pelaksanaannya ada pada waktu setelah sholat isya. Untuk jumlah rakaat sholat yang dilaksanakan tergantung pada imamnya, ada yang rakaat 11 dan ada yang rakaat 23.

Tentu hal tersebut sudah disesuaikan dengan ketentuannya. Bulan suci bulan Ramadhan perlu dimaksimalkan dengan perbuatan yang baik dan tidak tercela.

Artikel Terkait: √ Doa Zakat Fitrah dan Mal Terlengkap Baik & Benar (Arab, Latin, Gambar)

8. Bacaan Paling Utama Pada Waktu Sahur

Keutamaan Sahur

Selain waktu menjelang berbuka puasa, ternyata waktu sahur juga merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa di bulan Ramadhan. Hal ini disebabkan karena Sunnah untuk waktu sahur sama dengan sepertigga malam terakhir.

Di dalam Al – Qur’an sudah mengisyaratkan kepada umat uslam untuk memaksimalkan waktu sahur dengan diisi doa untuk permohonan ampun kepada Maha Pencipta yaitu Allah SWT dan bacaan yang paling utama ketika waktu sahur adalah bacaan istighfar. Serta doa yang paling utama pada saat waktu sahur merupakan doa untuk memohon ampun kepada Allah SWT.

Bacaan doa buka puasa dan sahur di atas dapat Anda jadikan referensi jika ingin mengetahui apa saja sebenarnya yang perlu dibaca pada saat berbuka puasa dan pada sahur. Pada dasarnya berbuka dan sahur ini memiliki hubungan yang saling terhubung oleh bulan Ramadhan.

Dengan berpuasa maka akan identik dengan istilah buka puasa dan juga sahur. Untuk sahur sendiri hukumnya sunnah, jadi ketika Anda lupa sahur atau tidak bisa bangun ketika sahur datang maka puasa Anda akan tetap sah berjalan namun didahului dengan niat berpuasa agar apa yang Anda tahan seperti makan dan minum tidak akan sia-sia.

Semga bermanfaat dengan atikel tentang doa buka puasa dan sahur ini, cukup sekian artikel ini kurang lebihnya mohon maaf dan selamat berpuasa !

Leave a Comment