√ Doa Setelah Adzan Lengkap (Qomat, Jawabanya & Amalan Diantaranya)

Adzan merupakan sebuah panggilan dan pertanda bahwa waktu shalat telah tiba, nah berikut ini akan kami berikan doa setelah adzan beserta dengan artinya.

Bagi umat Islam tentunya sudah tidak asing lagi dengan kumandang suara adzan. Adzan sendiri adalah panggilan yang menandakan bahwa waktu shalat telah tiba. Selain itu adzan di kumandangkan sebanyak 5 kali dalam sehari sama halnya dengan kewajiban untuk shalat.

Jadi bisa dibayangkan banyaknya masjid yang berdiri di seluruh dunia saling mengumandangkan adzan. Gemuruh suaranya seakan membangkitkan jiwa kita untuk datang ke rumah Allah SWT.

Dan yang harus anda ketahui bahwa adzan memiliki beberapa keutamaan yang mungkin belum anda ketahui. Banyak sekali keutamaan adzan, salah satunya yaitu doa setelah adzan. Di dalam riwayat mengatakan bahwa barangsiapa yang membaca doa setelah adzan, maka doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Untuk itu penting sekali bagi anda mengetahui doa setelah adzan, nah berikut ini akan kami berikan doa setelah adzan arab, latin lengkap dengan artinya.

Doa Setelah Adzan Beserta Latin Dan Artinya

Pada dasarnya doa setelah adzan yang dibaca itu sama saja, baik itu doa setelah adzan dzuhur, shubuh, ashar, maghrib, dan isya. Rasullullah SAW pernah bersabda yang di riwayatkan oleh Imam Bukhori, bahwa salah satu amalan sunnah yang bisa dikerjakan sesudah adzan yaitu membaca doa setelah adzan. Nah berikut ini lafadz doa setelah adzan beserta dengan artinya:

Doa Setelah Adzan
Latin

“Allahumma Rabba Haadzihid Da’watittammah Washalatil Qoimah, Aati Sayyidanaa Muhammadi Wasiilata Wal Fadhillah Wassyarofa Wal Darojatal Aaliyatar Rofi’ah, Wab’atshu Maqoomam Mahmuudanilladzi Wa’addah, Innakalaa Tukhliful Mii’aad. Yaa Arhamarraahimiin”.

Artinya : “Ya Allah, Tuhan yang memiliki panggilan yang sempurna, dan shalat yang senantiasa didirikan, berilah kaerunia kepada Nabi Muhammad berupa tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, serta derajad yang tinggi, tempatkanlah ia pada kedudukan yang paling  terpuji sebagamana yang telah Engkau janjikan. Wahai dzat yang Maha Penyayang”

Doa setelah adzan tersebut sebaiknya anda selalu budayakan dan di amalkan, hal tentunya ditujukan untuk mendapatkan Syafa’at Nabi Muhammad SAW besok di hari Yaumul Qiyamah.

Doa Setelah Iqomah Beserta Latin Dan Artinya

Biasanya setelah adzan, maka akan dikumandangkan Iqomah yang menandakan bahwa waktu shalat telah dimulai. Dan perlu anda ketahui juga bahwa sesudah Iqomah juga ada bacaan do’anya.

Namun sebelum masuk ke dalam bacaan doa Iqomah, ada baiknya anda mengetahui apa itu Iqomah. Iqomah menurut istilah yaitu sebuah seruan, tanda, atau pemberitahuan bahwa ibadah shalat telah dimulai.

Selain itu untuk lafal Iqomah sendiri sebenarnya dengan lafadz adzan, namun hanya dibaca satu kali dan tidka menggunakan nada khusus. Nah berikut ini akan kami berikan doa setelah Iqomah beserta latin dan artinya.

Doa setelah Qomat
Latin

“Aomallaaahu Wa Adaamahaa Maadamatis Samaawaatu Wal Ardhu”

Yang artinya “Semoga Allah senantiasa mendirikan dan mengabdikan adanya shalat selama langit dan bumi masih ada”.

Jawaban Adzan Yang Benar

Ulasan berikutnya yaitu kami akan membahas bagaimana jawaban adzan yang benar, karena mungkin masih ada saudara seiman kita yang belum mengetahui jawaban adzan yang benar. Dan seperti yang sudah kami sampaikan diatas, jika masing-masing lafadz di dalam adzan memiliki jawaban yang berbeda. nah berikut ini jawaban adzan yang benar.

  1. Ketika muadzin mengumandangkan lafadz “Allaahuakbar Allaahuakbar” maka jawabannya yaitu sama seperti lafal tersebut.
  2. Ketika muadzin mengumandangkan lafadz “Asyaaduanlaailaahaillallaah”, maka jawabannya yaitu sama seperti dengan lafal tersebut.
  3. Ketika muadzin mengumandangkan lafadz “Asyahaduanna Muhammadan Rasulullah”, maka jawabannya yaitu sama seperti dengan lafal tersebut.
  4. Ketika muadzin mengumandangkan lafadz “Hayya’alasshalah dan Hayya’alalfalaah”, maka jawabannya yaitu “Laa Haulaa Walaa Quwwata Illa Billaahil ‘Aliyyil ‘Adzim”.
  5. Ketika muadzin mengumandangkan lafadz “Allaahuakbar Allaahuakbar”, maka jawabannya yaitu sama seperti dengan lafal tersebut.
  6. Ketika muadzin mengumandangkan lafadz “Laailahaillallah”, maka jawabannya yaitu sama seperti dengan lafal tersebut.

Amalan Antara Adzan Dan Iqomah

Amalan Antara Adzan Dan Iqomah

Seperti yang sudah kami singggung diatas, jika waktu antara adzan dan iqomah adalah waktu yang bisa dibilang mustajab untuk melantunkan sebuah do’a. Yang dimaksud dengan mustajab disini yaitu adalah waktu yang utama, sehingga seseorang yang melantunkan do’a pada waktu tersebut akan mudah untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

Dan mungkin dari sebagian orang masih bertanya-tanya selain berdo’a amalan apa saja yang bisa dikerjakan setelah adzan?

Terdapat beberapa amalan yang bisa dikerjakan antara adzan dan iqomah, dimana amalan ini termasuk ke dalam salah satu sunnah Nabi. Dengan mengetahui amalan ini, tentunya anda bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin sambil menunggu datangnya shalat. Nah berikut ini beberapa amalan antara adzan dan iqomah.

1. Duduk Tenang Di Masjid

Amalan Antara Adzan Dan Iqomah

Amalan pertama yang di sunnahkan antara waktu adzan dan iqomah yaitu duduk tenang di masjid. Duduk di Rumah Allah tentunya sudah tidak diragukan lagi pahala yang akan kita dapatkan.

Bahkan hal ini sudah terdapat dalam sebuah hadist yaitu mengatakan bahwa orang yang menunggu waktu shalat sambil duduk tenang di masjid sama halnya dengan orang yang sudah melakukan shalat.

2. Menunggu Sambil Berdo’a

Amalan Antara Adzan Dan Iqomah

Ini merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan sekali untuk dikerjakan. Seperti yang sudah di sebutkan diatas, jika waktu anatar adzan dan iqomah adalah waktu yang mustajab untuk melantunkan do’a. Terlebih seorang manusia tidak lepas dari dosa, dan hanya kepada Allah lah kita memohon ampunan.

Untuk itu manfaatkan waktu anda sebaik mungkin, salah satunya yaitu dengan cara memohon do’a kepada Allah.

3. Mendirikan Shalat Sunnah

Amalan Antara Adzan Dan Iqomah

Amalan anatara adzan dan iqomah selanjutnya yaitu mendirikan shalat sunnah di masjid. Shalat sunnah sendiri adalah jenis shalat yang apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala, dan apabila di tinggalkan tidak mendapat dosa.

Tapi alangkah baiknya ketika anda menunggu datangnya shalat wajib tiba, tunaikanlah shalat sunnah terlebih dahulu. Ada banyak sekali jenis shalat sunnah yang bisa anda kerjakan, yaitu sebagai berikut:

a. Shalat Tahiyatul Masjid

Ini merupakan salah satu jenis shalat sunnah yang sangat dianjurkan sekali untuk dikerjakan ketika pertama kali memasuki masjid. Seperti sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya “Jika salah satu dari kalian memasuki masjid, sebaiknya menjalankan shalat dua raka’at sebelum duduk”.

b. Shalat Sunnah Rawatib

Shalat sunnah rawatib adalah salah satu jenis shalat sunnan yang dilakukan untuk mengiringi shalat wajib. Adapaun shalat sunnah rawatib yang bisa dilakukan yaitu pada saat shalat shubuh, dhuhur dan isya’.

c. Shalat Antara Adzan Dan Iqomah

Shalat sunnah selanjutnya yang bisa dikerjakan yaitu shalat sunnah antara adzan dan iwomah. Dimana yang dimaksud dengan shalat sunnah ini yaitu shalat sunnah yang di dalamnya tidak memiliki sunnah qobliyah.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa barang siapa yang melaksanakan shalat sunnah dianatara adzan dan iqomah, maka ia akan mendapatkan pahala dan keutamaan yang istimewa.

d. Shalat Setelah Wudhu

Yang dimaksud dengan shalat sunnah setelah wudhu yaitu shalat sunnah yang dikerjakan ketika air wudhunya masih membasahi tubuhnya. Dan tentunya orang yang mengerjakan shalat sunnah ini akan mendapatkan pahala dan keutamaan.

4. Membaca Al-Qur’an

 

Amalan selanjutnya yang sangat dianjurkan antara waktu adzan dan iqomah yaitu membaca Al-Qur’an. Terlebih Al-Qur’an adalah kitab suci bagi umat islam, jadi membaca Al-Qur’an sudah tidak perlu diragukan lagi pahala dan keutamaan yang kita dapatkan.

Apalagi jika anda membaca Al-Qur’an secara rutin, hanya dengan satu huruf saja anda akan mendapatkan sebanyak 10 pahala. Bayangkan saja betapa Kasih Sayangnya Allah kepada hamba-Nya.

5. Membaca Istighfar

 

Istighfar sendiri merupakan salah satu bacaan sebagai tanda permohonan ampun kepada Allah SWT atas segala dosa yang telah diperbuat baik yang disengaja atau yang tidak di sengaja. Sudah banyak hadist mengenai keutamaan membaca istighfar, terlebih waktu antara adzan dan iqomah adalah waktu yang paling utama.

Bahkan dalam beberapa hadist menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW selalu membaca istighfar antara 70 sampai dengan 100 kali setiap harinya.

6. Berdzikir

 

Pada dasarnya tujuan dari dzikir yaitu sama memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosanya. Hal ini sudah di contohkan oleh Rasulullah SAW, dimana beliau telah menghabiskan hari-harinya dengan memperbanyak dzikir. Tentunya kita sebagai umatnya harus meneladani sifat dari Rasulullah SAW.

Memang dzikir sendiri sangat mudah untuk di ucapkan dengan lisan, tapi perlu anda ketahui bahwa di akhirat nanti dzikir menjadi timbangan amal yang sangat besar.

Jarak Waktu Adzan Dan Iqomah Yang Benar

Jarak antara Adzan Dan iqomah yang benar

Bagi seseorang yang mungkin belum terbiasa untuk mengumandangkan adzan, tentunya mereka akan bertanya-tanya berapa lama jarak antara adzan dan iqomah?

Untuk menjawabnya kami berdasarkan sebuah riwayat dari Ubay Bin Ka’ab, Salman Al-Farisi, dan Abu Hurairah yang mengatakan bahwa untuk menjadikan waktu anatara adzan dan iqomah sesuai dengan orang yang sedang tidak tergesa-gesa dalam menjalankan hajatnya, serta orang-orang yang tidak tergesa-gesa dalam menyelesaikan makannya.

Jika dilihat dari riwayat hadist tersebut bisa dipahamai bahwa sesungguhnya jarak yang tepat antara adzan dan iqomah yaitu sebagaimana orang yang sedang makan, namun tidak tergesa-gesa dalam menyelesaikan makannya. Sehingga bisa kita simpulkan bahwa jarak waktu antara adzan dan iqomah yang tepat yaitu sekitar 10 sampai dengan 15 menit.

Dengan begitu masing-masing masjid yang sudah mengumandangkan adzan, disarankan untuk tidak segera membaca iqomah seteleh selesai membaca lafadz adzan. Tujuannya tentu untuk memberikan kesempatan bagi jamaah yang ingin melakukan shalat berjamaah di masjid, dan juga untuk melaksnakan beberapa amalan sunnah antara adazan dan iqomah seperti yang sudah kami sebutkan diatas.

Demikian uraian lengkap mengenai doa setelah adzan beserta latin dan artinya lengkap dengan amalan apa saja yang di sunnahkan untuk dikerjakan antara waktu adzan dan iqomah. Semoga apa yang sudah kami sampaikan diatas bisa memberikan manfaat untuk anda.

Leave a Comment