√ Doa Ziarah Kubur & Adab Ketika Berziarah Ke Kuburan Lengkap!

Manusia hidup hanya sementara di dunia, kehidupan yang kekal ada pada akhirat. Maka dari itu, diadakannya ritual ziarah kubur yang banyak memiliki hikmah serta manfaat bagi yang melaksanakannya.

Dalam melakukan pelaksanaan tersebut harus sesuai dengan tuntunan yang sudah diajarkan di dalam agama agar niat dan tujuannya tidak melenceng dan akan menyebabkan kemusyrikan yang sudah pasti dilarang oleh Allah SWT dan perbuatan tersebut menimbulkan dosa besar bagi yang melakukannya.

Dengan ziarah yang diikuti niat benar maka manusia akan menyadari bahwa kuburan adalah rumah masa depan suatu saat. Simak doa ziarah kubur lebih lengkap.

Allah SWT menganjurkan untuk melakukan ziarah dengan tujuan untuk mengingatkan mengenai kematian. Hal tersebut berguna kepada manusia agar selalu mempersiapkan diri dengan menebalkan iman serta amalan dari kebaikan. Namun ada juga manusia yang menyelewengkan tujuan dari ziarah kubur, yaitu untuk melakukan persembahan kepada orang – orang yang sudah meninggal.

Tentu hal ini merupakan hal yang sangat dilarang oleh agama. Jadi, Anda perlu membulatkan niat ketika akan melakukan ziarah kubur agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, Anda juga perlu untuk memerhatikan tata cara dan adab ziarah. Selengkapnya mengenai doa ziarah kubur.

Doa Ziarah Kubur Berikut Ini Untuk Anda Pahami

Berikut ini adalah doa–doa yang biasa dipanjatkan ketika melakukan ziarah ke kuburan, Karena pada dasarnya kita menuju kuburan yaitu untuk mendoakan mayit agar diberi keselamatan di akhirat. Berikut penjelasannya :

Bacaan Doa Ziarah Kubur

doa ziarah kuburan

Terdapat beberapa bacaan yang perlu Anda bacakan pada saat menyinggahi kuburan :

  • Ketika memasuki kawasan kuburan harus mengucapkan salam

doa ziarah kuburan

Atau Anda dapat mengucapkan salam yang sama seperti yang diajarkan oleh Ali bin Abi Thalib :

doa ziarah kuburan
Abu Thalib

Salam diperlukan untuk saling mendoakan antara orang yang masih hidup dan yang sudah meninggal agar diberikan keselamatan baik di dunia maupun diakhirat. Salam ini juga ditujukan agar kira selaku manusia untuk sopan dan santun terhadap segala hal dengan memberi salam ini. Bahwa yang sedang berziarah tentu bukan hanya Anda seorang, akan ada orang–orang lain yang melakukan hal yang sama dengan berziarah ke kuburan tersebut.

  • Membaca surat – suratan pendek ketika berziarah
  • Surat Al – Qadar sebanyak 7 kali
  • Surat Al – Fatihah sebanyak 3 kali
  • Surat Al – Falaq sebanyak 3 kali
  • Surat An – Nas sebanyak 3 kali
  • Surat Al – Ikhlas sebanyak 3 kali
  • Serta Ayat Kursi Sebanyak 3 kali
  • Membaca doa seperti di bawah ini sebanyak 3 kali
doa ziarah kuburan
Baca 3 Kali
  • Lalu yang terakhir dengan meletakkan tangan di atas kuburan sambal membaca doa berikut ini :

doa ziarah kuburan

Di atas merupakan doa–doa yang perlu Anda baca ketika sedang berziarah di kuburan. Tentu doa–doa tersebut bukan tanpa maksud dan tujuan. Dari semua doa yang Anda bacakan memiliki tujuan yang pastinya baik untuk mayit yang Anda doakan serta untuk Anda yang sedang berziarah di kuburan.

Tata Cara Ziarah Kubur

doa ziarah kuburan

Di bawah ini merupakan tata cara yang wajib Anda perhatikan ketika sedang melakukan ziarah kubur :

  • Membacakan Salam

Seperti kebiasaan umat muslim dimanapun dan kapanpun berada ketika menyinggahi suatu tempat maka hal pertama yang dilakukan yaitu membaca salam terlebih dahulu, tak terkecuali pada saat ziarah kubur karena Rasulullah SAW juga mengajarkan kepada kita untuk mengucapkan salam ketika pertama kali menginjakan kaki ke dalam kuburan.

Salam ini menunjukkan kesopanan kita, kerendah hatian kita, dan ke ramah tamahan kita dimanapun berada dan dengan tujuan kemanapun.

  • Tidak Duduk di atas Kuburan dan Menginjaknya

Hal kedua yang perlu diperhatikan ketika sedang melakukan ziarah kubur yaitu tidak duduk di atas kuburan dan meninginjakan kaki di atas kuburan tersebut karena kita sebagai manusia dianjurkan untuk tidak semena–mena terhadap segala sesuatu, di dalam kuburan pun demikian.

Hal ini terjadi karena kita tidak boleh berlaku seenaknya pada kuburan orang dan tidak meminta sesuatu kepada kuburan atau mayit yang sudah dikubur tersebut yang mengarahkan kepada perbuatan yang syirik dan diharamkan perbuatan tersebut dilarang oleh agama dan akan mendapatkan dosa yang tidak diampuni oleh Allah SWT

  • Tidak Thawaf di Kuburan

Thawad di kuburan tidak diperbolehkan karena pada dasarnya kegiatan thawaf hanya dilakukan di kabah. Jika Anda melakukan thawaf dikuburan maka tidak akan memiliki nilai apa – apa dihadapan Allah SWT. Jadi, lakukan sesuatu yang dianjurkan dan jangan lakukan sesuatu yang tidak dianjurkan oleh ajaran islam.

  • Tidak Membaca Al-Quran di Kuburan

Mengenai membaca Al – Quran di kuburan, hal ini tidak dianjurkan oleh agama islam karena tidak sesuai dengan syariat dan juga tidak dibenarkan. Kuburan

merupakan tempat yang digunakan untuk melakukan ziarah dengan mendoakan orang yang sudah meninggal tersebut dan sebagai pengingat bagi kita bahwa adanya kematian yang akan menghampiri suatu saat nanti.

  • Tidak Memohon Pertolongan atau Bantuan pada Mayit

Lalu yang terakhir yang tidak boleh untuk dilakukan di dalam kuburan yaitu Anda tidak diperkenankan untuk meminta bantuan pada mayit karena ajaran islam hanya mengajarkan kepada umat untuk meminta pertolongan langsung hanya kepada Allah SWT dan tidak ada yang lain.

Permintaan permohonan kepada Allah SWT dilakukan dengan cara berdoa dan juga beribadah, bukan kepada selain Allah SWT seperti kuburan dan juga mayat.

Jika Anda melakukan permohonan kepada mayit maka Anda sudah berbuat syirik dan hal tersebut akan menjadikan besar bagi Anda untuk menerima dosa atas perbuatan yang dilakukan tersebut.

Artikel Terkait: √ Doa Setelah Adzan Lengkap (Qomat, Jawabanya & Amalan Diantaranya)

Adab Melakukan Ziarah Kubur

doa ziarah kuburan

 

Selain tata cara yang harus dilakukan ketika berziarah, Anda juga harus untuk memerhatikan adab yang berlaku ketika melakukan ziarah kubur. Berikut adab – adabnya :

  • Memahami Tujuan Utama Berziarah Kubur

Jadi, ketika Anda mengunjungi kuburan dan mendoakan seseorang yang sudah meninggal atau biasa disebut dengan ziarah kubur ini perhatikan sekali lagi mengenai tujuan utama Anda berziarah.

Tujuan utamanya yaitu untuk mengingatkan kepada kita atas akan terjadinya kematian yang sudah pasti akan terjadi kepada setiap orang supaya orang tersebut tidak terlena pada kehidupan di dunia yang begitu menyilaukan.

Setiap orang akan meninggal dan jasadnya terurai menjadi tanah, jadi manusia diciptakan dengan tanah dan akan kembali lagi ke tanah dan ruhnya akan diminta pertanggungjawaban selama hidup di alam pembalasan.

  • Mengucapkan Salam Ketika Masuk

Adab selanjutnya yaitu Anda diharuskan untuk mengucapkan salam ketika memasuki kawasan kuburan. Salam tersebut ditujukan agar para penghuni rumah kuburan tersebut diberi keselamatan dan dirahmati oleh Allah SWT serta untuk kita yang berziarah mudah – mudahan diberi keselamatan juga.

Intinya salam tersebut merupakan salam yang berisi saling mendoakan dan meningingatkan diri akan kematian yang akan terjadi kelak.

  • Mendoakan Mayit

Tujuan dari ziarah kubur salah satunya yaitu untuk mendoakan mayit yang kita ziarahi. Bagi yang mengucapkan doa tersebut berharap bahwa mayit akan diampuni dari segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukannya ketika hidup di dunia sebelumnya.

Dan kita dianjurkan untuk mendoakan segala sesuatu yang baik–baik terhadap mayat karena sudah sewajarnya kita mendoakan untuk keselamatan dari mayat dari siksa akhirat.

  • Tidak Berbicara Kasar atau Hal yang Bathil

Ketika Anda sedang melakukan ziarah kubur, maka Anda diharuskan untuk menjaga segala ucapan yang akan Anda keluarkan. Tidak boleh untuk berbicara kasar atau berbicara hal–hal yang berbau bathil.

Hal ini karena kita sebagai peziarah harus menjaga kesopanan agar tidak mengganggu peziarah yang lain dan juga menghormati seluruh orang dan mayit yang ada di kuburan tersebut.

  • Tidak diperbolehkan Menangis Meratapi Mayit

Adab terakhir yang perlu Anda perhatikan yaitu tidak boleh menangis meratapi mayit. Mungkin menangis merupakan hal yang wajat, namun tidak menangis secara histeris dan berlebihan yang efeknya akan tidak terkontrol dan kehilangan pengendalian diri.

Menangislah sewajarnya sehingga tidak mengganggu peziarah lain dan juga Anda dapat selalu mengendalikan serta mengontrol diri Anda karena tempat yang Anda kunjungi merupakan tempat orang yang sudah meninggal jadi perlu dijaga kesopanan dan kesantunannya.

Artikel Terkait: √ Doa Untuk Orang Meninggal & Ziarah Kubur (Laki, Perempuan, Hadist!)

Hukum Ziarah Kubur menurut Islam

doa ziarah kuburan

Lalu apa hukum melakukan ziarah kubur menurut islam ? hukumnya adalah mubah. Mubah di sini berarti diperbolehkan dan tidak diwajibkan.

Jadi, jika Anda melaksanakan ziarah kubur maka Anda akan mendapat manfaat dan jika tidak melakukan maka tidak akan mendapatkan dosa. Mengenai waktu kapannya pelaksanaan ziarah kubur disesuaikan dengan waktu Anda kapan sempatnya untuk melakukan ziarah tersebut.

Jika Anda melakukan ziarah kubur maka akan mendapatkan hikmah yang besar dan membuat manusia merasa bahwa dirinya adalah kecil dihadapan Allah SWT.

Artikel Terkait: √ Doa Ketika Hujan & Setelahnya (Larangan Mencela Hujan!)

Hikmah dari Ziarah Kubur

doa ziarah kuburan

Lalu untuk hikmah dari adanya ziarah kubur ini akan memberikan tujuan kepada manusia untuk mengingatkan diri mereka bahwa kematian itu ada pada suatu ketika nanti.

Dengan mengingat tersebut diharapkan manusia segera sadar bahwa dirinya akan kembali ke tanah dan ruhnya akan dimintai pertanggungjawaban di alam sana dan kesempatan manusia untuk memperbaiki hidupnya di dunia menjadi bekal yang berupa amak kebaikan untuk menolongnya di hari pembalasan.

Pada dasarnya orang mati tidak akan membawa apa–apa, harta yang Anda kumpulkan akan sirna dan yang dibawa hanyalah amal kebaikan.

Ulasan di atas mengenai doa ziarah kubur yang dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi jika sedang mencari tahu atau ingin mengetahui tentang ziarah ke kuburan dan saat berada di kuburan. Perlu diketahui bahwa doa ziarah kubur dan pada saat ziarah ke kuburan memiliki tata cara dan aturan yang wajib Anda patuhi.

Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan perbuatan yang syirik dengan menduakan Allah SWT dan meminta permohonan kepada mayit karena hal tersebut tentu diharamkan oleh ajaran islam. Jadi lakukan hal–hal yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

Panjatkan doa ziarah kubur ini untuk orang–orang yang Anda kunjungi di kuburan agar arwah beliau selalu tenang dan diberi keselamatan di akherat sana.

Leave a Comment