7+ Jenis Ikan Discus Lengkap, Harga, Dengan Cara Budidayanya

Ikan discus merupakan salah satu jenis ikan air tawar asli yang berasal dari sungai Amazon, penasaran dengan ikan ini. Pastikan anda menyimak pembahasan berikut dengan baik, karena di artikel ini saya akan membahas lengkap tentang jenis ikan discus lengkap, harganya, dan cara budidayanya.

Ikan discus merupakan salah satu spesies ikan air tawar asli dari sungai Amazon. Namun dengan perkembangan zaman saat ini sudah banyak para pembudidaya ikan mulai membudidayakan ikan ini. Salah satu factor yang membuat banyak orang tertarik untuk membudidayakan ikan discus yaitu karena keindahan tubuhnya.

Untuk uraian lengkap mengenai ikan discus, silakan anda simak pembahasan yang akan kami sampaikan berikut ini dengan baik.

Pengertian Ikan Discus Dan Asalnya

asal usul ikan discus
Ikan Discus Zaman Dulu

Seperti yang sudah kami singgung diatas, jika ikan discus merupakan salah satu jenis ikan air tawar. Selain itu ikan discus merupakan ikan air tawar asli yang berasal dari sungai Amazon. Ikan discus pertama kali dikenalkan yaitu pada tahun 1840 oleh Dr. Heckel dengan nama Symphysodon discus, karena bentuk tubuhnya yang menyerupai disket komputer pada jaman dulu.

Keunikan inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk memelihara ikan discus, jadi sudah tidak diragukan lagi jika budidaya ikan discus saat ini sudah menyebar di seluruh dunia.

Klasifikasi Ikan Discus

Klasifikasi Ikan Discus
Klasifikasi Ikan Discus

Banyak orang yang menyebut jika ikan discus merupakan ratu dari ikan air tawar, bagaimana tidak keindahan corak dan warnanya membuat banyak orang kagum. Menurut sistematika ikan discus bisa digolongkan yaitu sebagai berikut:

  • Ordo : Percomorphodei
  • Sub Ordo : Percoidea
  • Family : Cichiliade
  • Genus : Symphyosodon
  • Species : Symphyosodon
  • Nama Lokal : Dsicus

Sedangkan berdasarkan warna dan coraknya jenis ikan discus bisa digolongkan menjadi sebagai berikut:

  • Solid Blue
  • Solud Red
  • Solid Yellow
  • Stripped Form
  • Spotted Form
  • Wild Form
  • Unclassified atau Hybrid

Artikel Terkait: 70+ Jenis Ikan Hias Air Tawar Terpopuler Terlengkap dan Harga 2018!

Morfologi Ikan Discus

Nama ikan discus sendiri diambil, karena bentuk tubuhnya yang menyerupai bentuk lempengan disket komputer pada jaman dulu. Tentunya ikan discus jantan dan betina memiliki perbedaan, baik dari bentuk tubuh dan sifatnya.

Biasanya ikan discus jantan memiliki ciri-ciri yaitu ujung pada sirip punggung dan sirip analnya berbentuk lancip, terdapat obipositor atau alat untuk menempelkan telur yang sedikit menonjol, dan alat kelaminnya berbentuk lonjong.

Sedangkan untuk ikan discus betina memiliki ciri-ciri sirip pada punggung dan analnya bulat, ovipositor lebih menonjol dan pada bagian alat kelaminnya berbentuk bulat.

Jenis Ikan Discus Lengkap dan Harganya

 

Bagi anda yang tertarik untuk membudidayakan ikan discus atau sekedar memeliharanya saja, berikut ini akan kami berikan beberapa jenis ikan discus lengkap dengan harganya.

1. Ikan Discus Malboro

jenis ikan discus
Ikan Discus Malboro

Jenis pertama dari ikan discus yaitu ikan discus malboro, dimana ciri khas dari ikan ini yaitu memiliki warna jingga kemerahan dan pada bagian kepalannya memiliki warna putih kekuningan.

Pada bagian matanya ikan discus malboro memiliki warna merah, selain itu ikan discus malboro juga memiliki nama ain yaitu ikan discus red melon.

Untuk masalah harga ikan discus malboro sendiri sedikit mahal, hal ini disebabkan karena untuk menemukan ikan discus ini lumayan susah dipasaran. Berikut beberapa harga ikan discus malboro berdasarkan ukurannya:

  • Ikan discus malboro ukuran 5 Cm yaitu sekitar Rp.60.000 per ekor
  • Ikan discus malboro ukuran 15 Cm yaitu sekitar Rp.100.000 per ekor
  • Ikan discus malboro ukuran 20 Cm yaitu sekitar Rp.140.000 per ekor
  • Ikan discus malboro ukuran 25 Cm yaitu sekitar Rp.180.000 per ekor

2. Ikan Discus Blue Diamond

jenis ikan discus
Ikan Discus Blue Diamond

Seperti namanya jika ikan discus ini memiliki warna kebiruan layaknya seperti telur bebek. Semakin cerah warna yang ada di dalam tubuh ikan discus ini, maka harganya pun akan semakin mahal. Ciri khas utama dari ikan discus ini yaitu ketika berada dalam keadaan gelap, maka tubuhnya akan menyala seperti lampu.

Jadi sudah tidak diragukan lagi jika harganya lumayan mahal. Berikut harga ikan discus blue diamond berdasarkan ukurannya.

  • Ikan discus blue diamond ukuran 5 Cm yaitu sekitar Rp.50.000 per ekor
  • Ikan discus blue diamond ukuran 15 Cm yaitu sekitar Rp.80.000 per ekor
  • Ikan discus blue diamond ukuran 20 Cm yaitu sekitar Rp.110.000 per ekor
  • Ikan discus blue diamond ukuran 25 Cm yaitu sekitar Rp.140.000 per ekor

Arikel Terkait: 10+ Jenis Lobster Air Tawar (Gambar, Cara Budidaya dan Harganya!)

3. Ikan Discus Gold Yellow

jenis ikan discus
Ikan Discus Gold Yellow

Ikan discus sendiri terkenal akan corak dan warnanya yang sangat indah dan beragam, salah satunya yaitu ikan discus gold yellow. Warna kuning disekujur tubuhnya dan juha warna sisik yang polos membuat banyak orang tertarik untuk memelihara ikan ini.

Selain itu ciri khas dari ikan ini yaitu warna kuning keemasannya akan menyala dalam kondisi gelap. Untuk masalah harganya sendiri tidak jauh berbeda dengan jenis ikan discus blue diamond.

4. Ikan Discus Leopard

jenis ikan discus
Ikan Discus Leopard

Jenis ikan discus selanjutnya yaitu ikan discus leopard, dimana seperti namanya jika ikan discus ini memiliki corak dan warna layaknya leopard atau macan tutul. Ciri khas dari ikan discus iniyaitu memiliki pola sisik berwarna merah dengan warna dasarnya putih.

Keindahan dan keunikan coraknya membuat harga ikan discus ini lumayan mahal. Untuk harga ikan discus anakan jenis ini bisa dijual seharga Rp. 60.000, sedangkan untuk yang sudah dewasa bisa dijual dengan harga sebesar Rp. 200.000.

5. Ikan Discus Checkerboard Pigeon

jenis ikan discus
Ikan Discus Checkerboard Pigeon

Mungkin untuk namanya sendiri sulit untuk disebutkan, namun ketika sudah melihat corak dan warnanya akan membuat kita terkagum. Dimana ikan discus ini memiliki warna dasar putih dengan garis merah yang ada pada seluruh tubuhnya.

Selain itu warna kuning pada bagian kepalanya akan menambah keindahan ikan ini. Bukan hanya itu pada bagian mata warnanya akan disesuaikan dengan warna garis yang ada pada tubuhnya. Untuk harga ikan discus anakan jenis ini yaitu sekitar Rp.50.000, sedangkan untuk yang sudah dewasa yaitu Rp.150.000.

6. Ikan Discus Red Ribbon

Ikan Discus Red Ribbon

Ini merupakan salah satu jenis ikan discus yang palin mahal di dunia, ciri khas dari ikan discus ini yaitu memiliki corak dengan garis berwarna merah dan warna dasarnya yaitu putih kekuningan. Untuk pola garis ikannya sendiri terbilang cukup unik, dimana ikan discus ini memiliki pola bundar yang tidak beraturan.

Warna sirip pada ekor ikan discus ini pada umumnya yaitu bening kemerahan. Untuk masalah harga anakan ikan discus jenis ini yaitu sekitar Rp. 80.000, sedangkan untuk harga ikan discus yang sudah dewasa yaitu sekitar Rp. 250.000.

7. Ikan Discus Pearl Pigeon

Jenis Ikan Discus
Ikan Discus Pearl Pigeon -Mekostar.com

Jenis ikan discus selanjutnya yaitu ikan discus pearl pigeon, dimana ikan discus satu ini memiliki warna merah dan pola bintik-bintik berwarna putih sebagai ciri khasnya. Pada dasarnya ikan discus ini hampir mirip dengan ikan discus red ribbon, namun untuk ukuran ikan discus ini lebih kecil.

Dengan ukuran yang kecil, lucu, dan cantik, ikan discus ini cocok untuk dipelihara oleh perempuan. Untuk harga ikan discus anakan jenis ini yaitu sekitar Rp. 75.000, sedangkan untuk yang dewasa yaitu sekitar Rp. 200.000.

8. Ikan Discus Green

jenis ikan discus
Ikan Discus Green

Seperti namanya ikan discus ini tentunya memiliki warna hijau yang kebiruan dengan corak garis yang berwarna coklat kemerahan. Selain itu ikan discus ini memiliki harga yang paling murah di banding dengan jenis ikan discus lainnya, hal ini disebabkan karena banyak orang yang kurang meminati ikan discus ini.

Untuk harga anakan ikan discus jenis ini yaitu sekitar Rp. 40.000, sedangkan untuk harga ikan discus yang sudah dewasa yaitu sekitar Rp.120.000.

Cara Budidaya Ikan Discus

Budidaya Ikan Discus
Ikan Discus Dengan Anak

Nah setelah anda melihat banyak peminat akan ikan discus, maka memilih bisnis budidaya ikan discus adalah usaha yang sangat menguntungkan. Lantas bagiamana cara budidaya ikan discus yang baik, simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Artikel Terkait: 29+ Manfaat Ikan Sapu-sapu yang Harus Kamu Ketahui!

1. Mempersiapkan Tempat Pemijahan

Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu mempersiapkan tempat pemijahan, dalam hal ini anda bisa menggunakan akuarium. Akuarium yang baik yaitu berukuran 75x35x35 dengan suhu antara 28-300 c. untuk kedalaman airnya yaitu sekitar 25 cm, selain itu anda bisa menambahkan daun ketapan di dalamnya.

2. Memilih Induk

Perlu anda ketahui bahwa ikan discus akan berkembang biak dengan baik jika PH nya senile 6,2 atau sedikit asa,, selain itu ikan discus biasanya akan memilih pasangannya sendiri. Untuk proses pemilihan induk ikan discus, anda bisa menempatkan beberapa jenis ikan discus jantan dan betina.

Setelah itu anda perhatikan ikan discus yang berenang bersama, selanjutnya anda pisahkan ikan discus yang berenang bersama tadi. Idealnya dalam satu akuarium yaitu sebanyak 4 ekor.

3. Cara Pemijahan

Untuk cara pemijahannya sendiri yaitu meliputi beberapa langkah sebagai berikut:

  • Pertama masukan induk berpasangan tadi ke dalam akuarium.
  • Lalu berikan aerasi atau filter.
  • Setelah itu pasang peralon atau pot ke dalam akuarium yang fungsinya untuk menempelkan telur.
  • Biasanya telur yang baik akan menetas selama 60 jam.
  • Nah setelah telur menetas, anda bersihkan larvanya lalu pindahkan ke tempat yang lebih aman dan bersih.
  • Biasanya setelah 4 hari, anakan discus ini sudah mulai berenang.
  • Nah ketika usia anakan discus sudah satu minggu, sudah bisa anda beri makan.

4. Cara Pembesaran

Untuk proses pembesaran ikan discus sendiri anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Ketika anakan sudah berusia 1 bulan, silakan anda pindahkan anakan tersebut ke dalam akuarium yang berukuran 100 x 50 x 35 Cm. ketika ikan discus semakin besar, maka anda pindahkan ke dalam akuarium yang lebih besar lagi.
  • Untuk membuat ikan discus bisa hidup dengan baik, anda bisa memberikan pakan alami seperti cacing cutera, super, jentik nyamuk, udang, dll. Atau bisa dengan pakan buatan seperti, jantung, hati, sayuran, dll.
  • Budidaya ikan discus sebaiknya dilakukan secara berkelompok, karena ini dianggal lebih efektif dan efisien.

5. Pemijahan Ikan Discus

Biasanya tanda-tanda ikan discus yang sudah siap mijah yaitu ditandai dengan memisahkan diri dari temannya. Perlu anda ketahui, bahwa ikan discus sendiri terbilang sebagai ikan yang setia, maka dari itu ikan discus tidak bisa dipijahkan selain dari pasangannya.

Nah baru setelah itu kita pisahkan pasangan ikan discus tersebut, biasanya calon induk jantan yang baik yaitu harus berumur 15 bulan dan calon induk betina harus berumur 12 bulan. Dan perlu di ingat juga anda perlu memperhatikan kualitas air yang ada di dalam akuarium.

Usai sudah ulasan lengkap mengenai ikan discus, mulai dari pengertian sampai dengan cara budidaya ikan discus yang baik sudah kami sampaikan semuanya dalam pembahasan diatas. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk anda.

 

Leave a Comment