√ Ikan Gurame Lengkap (Manfaat, Jenis, Gambar, dan Budidaya)

Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan yang paling banyak digemari, anda penasaran? Jangan khawatir, berikut ini akan kami berikan ulasan lengkapnya tentang segala hal yang berkaitan, seperti cara budidaya, cara memilih bibit. enak digoreng

Siapa sih yang tidak kenal dengan ikan gurame? Mungkin semua orang sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan satu ini. Dan tidak bisa dipungkiri lagi jika ikan gurame menjadi kegemaran banyak orang, karena rasanya yang enak dan kandungan nutrisi yang tinggi.

Nah pada kesempatan kali ini kami sudah merangkum pembahasan seputar ikan gurame, jadi bagi anda yang penasaran dengan ikan gurame langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Ikan Gurame Dan Asalnya

Seperti yang sudah kami singgung diatas, jika ikan gurame merupakan salah satu ikan besar yang menawarkan banyak kelezatan didalamnya. Tapi pernahkah anda berpikir untuk mengetahui asal usul dari ikan gurame? Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan yang berasal dari Negara Indonesia.

Tentunya kita sebagai warga Negara Indonesia patut berbangga akan hasil alam laut. Banyaknya peminat ikan gurame membuat persebarannya semakin meluas, bahkan sampai ke Negara-negara di Eropa.

Jenis-Jenis Ikan Gurame Dan Harganya

Nah bagi anda yang mungkin berminat untuk membudidayakan ikan gurame, maka anda perlu mengetahui jenis dan harga ikan gurame. Berikut akan kami berikan penjelasannya dibawah ini.

1. Gurame Soang

Ikan Gurame
Gurame Soang

Ikan gurame satu ini juga sering disebut dengan ikan gurame angsa, karena memang pada bagian kepalannya menonjol seperti kepala angsa. Hal ini bisa terlihat dengan jelas jika usia ikan gurame sudah dewasa.

Sebutan soang sendiri merupakan bahasa sunda, jadi sudah tidak aneh lagi jika ikan gurame jenis ini banyak ditemukan di daerah Jawa Barat. Untuk harga ikan gurame soang sendiri yaitu sekitar Rp. 45.000 sampai dengan Rp. 60.000.

2. Ikan Gurame Jepun

Ikan Gurame
Gurame Jepun

Mungkin dari namanya ikan gurame ini berasal dari Jepang, namun perlu anda ketahui jika ikan gurame ini sering disebut dengan ikan gurame Jawa Tengah. Ikan gurame ini berbeda dengan ikan gurame soang, dimana ikan gurame jepun memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil yaitu dengan panjang 45 cm dan berat sebesar 4 Kg.

ciri-ciri dari ikan gurame ini yaitu bisa dilihat ketika masih kecil warnanya kebiruan, ketika sduah dewasa berwarna hitam da nada sisik-sisik kecil. Untuk harganya sendiri yaitu sekitar Rp. 45.000.

3. Ikan Gurame Baster

Ikan Gurame
Gurame Baster

Ini merupakan salah satu jenis ikan gurame yang paling mudah berkembang dan tumbuh besar. Sehingga tidak diragukan lagi banyak orang lebih memilh untuk membudidayakan ikan gurame satu ini. Dimana ikan gurame ini mampu memiliki bobot sebesar 3 Kg dalam kurun waktu 1 tahun saja.

Selain itu pemberian pakannya juga tidaklah sulit. Biasanya untuk harga ikan gurame ini dipasaran yaitu sekitar Rp. 50.000, sedangkan untuk harga ikan gurame yang berkualitas yaitu sekitar Rp. 60.000.

4. Ikan Gurame Padang

Ikan Gurame
Gurame Padang

Serpeti namanya jika ikan gurame satu ini bersal dari Padang. Perlu anda ketahui jika ikan gurame ini merupakan hasil persilangan dari jenis ikan gurame, sehingga mendapatkan ikan gurame baru yang berkualitas. Kelebihan dari ikan gurame ini yaitu mampu menghasilkan 3.000 butir telur dalam sekali memijah.

Selain itu ikan gurame ini memiliki sisik dengan warna putih yang sangat bersih. Untuk harganya sendiri yaitu sekitar Rp.60.000.

5. Ikan Gurame Batu

Ikan Gurame
Gurame Batu

Berbeda dengan ikan gurame padang, ikan gurame satu ni memiliki warna dan sisik kulit yang kasar layaknya seperti batu. Dan saat ini ikan gurame batu sudah sangat jarang ditemui, karena memang ikan gurame ini kalah bersaing dengan ikan gurame lainnya.

Hal yang membuat ikan gurame ini kurang diminati yaitu karena rasanya yang kurang lezat. Selain rasanya yang kurang lezat ikan gurame ini juga memiliki pertumbuhan yang terbilang lambat. Untuk harga ikan gurame per Kg yaitu sekitar Rp.35.000.

6. Ikan Gurame Paris

Ikan Gurame
Gurame Paris

Jenis ikan gurame selanjutnya yaitu ikan gurame Paris, tapi bukan berarti jika ikan gurame ini berasal dari Paris Prancis. Melainkan hal tersebut ditujukan untuk menarik minat konsumen akan ikan ini. Ikan gurame yang memiliki warna merah mudah dari kepala sampai ujung ekornya ini menjadi daya Tarik bagi pembudidaya.

Ya memang kelebihan dari ikan gurame ini yaitu mampu menghasilkan 5.000 butir telur dalam sekali memijah. Untuk harga ikan gurame paris sendiri yaitu sekitar Rp.55.000.

7. Gurame Porselen

Ikan Gurame
Gurame Porselen

Jenis ikan gurame yang terakhir yang tidak kalah berkualitasnya yaitu ikan gurame porselen. Dimana nama ikan gurame ini diambil, karena warnannya yang putih seperti perkakas. Ikan gurame yang memiliki warna merah pada bagian atas tubuhnya ini menjadi jenis ikan yang paling banyak dicari untuk pembibitan.

Karena memang ikan ini mampu menghasilkan ribuan terlur dalam sekali memijah. Untuk harga ikan gurame ini sendiri yaitu sekitar Rp.75.000.

Sifat Ikan Gurame

Bagi anda yang mungkin berminat untuk membudidayakan ikan gurame, tentunya anda harus mengetahui sifat ikan gurame itu sendiri. Dengan begitu anda bisa lebih mudah dalam membudidayakannya.

Sifat dari ikan gurame yaitu sangat oeja terhadap suhu rendah, jadi dalam hal ini budidaya ikan gurame sangat cocok jika dilakukan di dataran rendah.

Selain itu ikan gurame bisa dengan  mudah dibudidayakan asal di dalam air yang tenang, dan satu hal lagi yang perlu anda ketahui yaitu ikan gurame mmiliki organ pernapasan tambahan. Sehingga hal tersebut memungkinkan ikan gurame bisa menhirup oksigen dari luar air.

Ciri Ikan Gurame

Ciri-ciri Ikan Gurame
Ikan Gurame

Bagi anda yang mungkin masih bingung mengenai ikan gurame, berikut ini akan kami berikan beberapa ciri fisik ikan gurame:

  • Ikan gurame memiliki bentuk tuuh yang panjang dan lonjong, dan mulutnya yang kecil bisa di moncongkan.
  • Pada bagian rahangnya ikan gurame memiliki gigi-gigi kecil, dan pada bagian gigi luarnya lebih besar.
  • Ikan gurame sendiri memiliki sisik yang realtif besar, sedangkan sisik yang ada pada bagian kepala biasanya memiliki tepian yang lumayan kasar.
  • Ikan gurame mmiliki duri yang terdapat pada sirip punggung dan dubur, semakin tua usianya maka duri yang tumbuh akan semakin besar.
  • Ikan guram memiliki sepasang benang yang terbilang cukup panjang, dimana benang ini digunakan sebagai alat peraba.
  • Pada ikan gurame yang masih muda memiliki 8 garis tegak.
  • Tubuh dari ikan gurame sendiri berada diatas sirip, dan pada bagian dubur terdapat bintik gelap dengan bintikan berwarna kuning dan perak pada bagian pinggirnya.
  • Pada bagian sirip dada ikan gurame memiliki bintik hitam.

Makanan Terbaik Ikan Gurame

Makanan Ikan Gurame
Lumut

Langkah selanjutnya yang wajib anda perhatikan ketika ingin membudidayakan ikan gurame yaitu pemberian pakan yang berkualitas. Berikut ini beberapa makanan ikan gurame yang bisa menjadi rekomendasi anda.

Pellet

Ini merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk pertumbuhan ikan gurame, dimana didalam makanan ini mengandung protein hewani sampai dengan 30%. Namun perlu diperhatikan juga untuk menggunakan pellet dengan kandungan gizi yang tinggi.

Selain itu pilihlah untuk memberikan pellet terapung, agar memudahkan ikan gurame dalam memakannya.

Jagung Rebus

Makanan ini juga sangat bagus diberikan kepada ikan gurame, banyak orang mengatakan jika jagung rebus bisa mempercepat proses kematangan gonade, sehingga akan memperpendek waktu pemijahan.

Untuk jumlah jagung rebus yang baik diberikan yaitu sekitar 3-5 % dari berat badan induk. Dengan begitu proses pemijahan akan semakin cepat.

Daun-Daunan

Daun-daunan bisa anda manfaatkan sebagai pakan tambahan gizi ikan gurame, terebih sifat dari ikan gurame yang omnivore.

Untuk memudahkan anda dalam memberikan makanan ini ,yaitu dengan cara menanam daun di sekitaran kolam seperti daun santhe, daunt alas, daun kangkung, dan masih banyak jenis daun lagi yang bisa anda tanam.

Dedek Halus Dan Kuning Telur

Makanan satu ini biasanya diterapkan ketika usia ikan gurame sekitar 10 hari. Biasanya ikan gurame yang masih kecil belum bisa untuk memakan makanan yang kasar.

Maka pemilihan dedek halus dan kuning telur dianggap sebagai pakan yang sangat cocok untuk usia ikan gurame kecil. Selain itu anda bisa memberikan rap ular semut ketika sudah menginjak usia 1 bulan.

Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Gurame

Pemberian pakan berkualitas sudah, lalu apa langkah selanjutnya? Langkah selanjutnya yaitu anda harus mengetahui bagaiamana cara mempercepat pertumbuhan ikan gurame. Untuk lebih jelasanya simak ulasan dibawah ini.

Pilih Benih Yang Berkualitas

Sudah pasti hal ini menjadi factor penting dalam budidaya ikan gurame, semakin berkualitas bibit yang anda pilih. Maka akan semakin cepat pula pertumbuhan dari ikan gurame. Untuk itu penting sekali bagi anda memperhatikan hal ini.

Berikan Pakan Yang Tepat Dan Berkualitas

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, jika pemberian pakan sangat berpengaruh sekali terhadap pertumbuhan ikan gurame. Selain memberikan pakan yang berkualitas, perlu di ingat juga bahwa anda harus memberikan pakan secara teratur.

Menyediakan Kolam Yang Lebih Dalam

Karakteristik dari ikan gurame sendiri lebih menyukai habitat air yang dalam. Karena memang ikan ini sangat menyukai untuk melakukan pergerakan dari atas kebawah. Untuk itu ketika anda ingin membudidayakan ikan gurame dengan cepat, maka menyediakan kolam yang dalam perlu anda perhatikan.

Pelihara Dengan System Monokultur

Maksud dari hal ini yaitu anda tidak boleh mencampurkan ikan gurame dengan jenis ikan lainnya. Karena memang ikan gurame sendiri terbilang memiliki perilaku yang relative lamban, dengan kata lain jika anda mencampurkan bersama ikan lain. Maka ikan gurame akan kalah dalam perebutan pakan.

Gunakan Pakan Terapung

Dengan gerakan yang lambat, maka anda perlu mencari solusi dalam memberikan pakan. Nah solusi terbaik untuk memberikan pakan yaitu dengan cara pakan terapung. Dimana hal ini akan membantu memudahkan ikan gurame dalam mengambil pakan.

Pembesaran Ikan Gurame

Pada dasarnya untuk membuat ikan gurame menjadi tumbuh besar, factor utama yang sangat penting yaitu niatan anda untuk membudidayakan ikan gurame. Ketika anda sudah memiliki niatan, maka anda akan melakukan budidaya ikan gurame dengan senang.

Setelah itu anda bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah kami sebutkan diatas, dengan begitu ikan gurame yang anda budidayakan bisa tumbuh besar dengan cepat.

Demikian ulasan lengkap mengenai ikan gurame, semoga informasi yang sudah kami berikan diatas bisa bermanfaat untuk anda khususnya bagi anda yang ingin memulai usaha baru yaitu budidaya ikan gurame.

Leave a Comment