Jenis Jenis Tarian Di Indonesia Lengkap!

Negara Indonesia adalah sebuah negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki 13.466 pulau. Indonesia terletak di kawasan Asia Tenggara dan berada diantara 2 benua, yaitu benua Asia dan benua Australia. Selain terletak diantara 2 benua, negara ini juga dilintasi oleh garis khatulistiwa.

Pada tahun 2010 Indonesia memiliki jumlah populasi sebesar 237 juta jiwa, sebagian besar penduduknya beragama muslim. Indonesia juga merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia.

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak sekali kekayaan budaya, termasuk salah satunya adalah tarian. Banyak tarian daerah yang tesebar di seluruh provinsi yang ada. Masing-masing dari tarian daerah memiliki ciri khas tersendiri dibanding tarian lainnya.

Berikut Adalah 57 Jenis Tarian Yang Ada Di Indonesia:

  1. Tari Serimpi Sangu Pati

Jenis tari serimpi adalah tarian yang berasal dari Keraton Jogjakarta, tarian ini bisanya diringgi gamelan dan dilakukan dengan gerakan yang lembut. Dahulu tarian ini dilakukan untuk penyambutan tamu istimewa yang dilakukan di istana di Jogjakarta.

Dulu tarian Srimpi ini berdurasi cukup lama bisa sampai 1 jam, tetapi sekarang tarian ini hanya dilakukan kurang lebih selama 15 menit saja. Karena perbedaan zaman juga.

  1. Tari Bedaya

Jenis tarian ini adalah berasal dari jawa, yang namanya juga dari bahasa jawa tari Bedhoyo Ketawang. Tarian ini bersal dari Keraton di Surakarta. Tarian ini dilakukan saat memperingatkan upacara kenaikan raja.

Nama dari Bedhaya yang artinya adalah penari wanita dan ketawang adalah yang artinya langit, jadi tarian bedhaya Ketawang ini adalah indentik dengan kemuliaan dan keluhuran.

  1. Tari Serampang Dua Belas

Jenis tari ini adalah tarin yang bersal dari Melayu, musik yang mengiringi adalah gendang yang dipukul dengan cara ala Amerika Latin. Dahulu tarian ini hanya boleh dimainkan oleh para pria saja, namun seiring perjalanan zaman wanitapun boleh untuk menjadi penari.

Tarian ini bersalal dari Sumatera Utara Deli Serdang. Tarian ini menceritakan perjalanan tentang seorang yang menemukan cinta sejatinya.

  1. Tari Tor Tor

Jenis Tari tor tor ini adalah salah satu dari sekian banyak tarian yang bersala dari pulau di Sumatera Utara. Dahulu tarian ini hanya ada didalam kehidupan masyarakat Samosir dan di Toba. Pada abad ke 13 tari tor tor ini menjadi tarian dari budaya suku Batak.

Selain itu tarian ini menggunakan benda seperti patung yang dimasukan roh, yang nantinya patung ini akan menari-nari sendiri. Makanya tarian ini juga digunakan pada upcara seperti ritual.

  1. Tari Tanggai

Jenis tari tanggai tarian ini di lakukan pada saat penyambutan tamu yang memang sudah diundang. Juga biasanya di perjuntukan pada saat pernikahan adat Palembang, tarian ini melambangkan rasa hormat dan rasa ramah dari masyarakat di Palembang untuk kedatangan tamu yang diundang. Yang bermaksud adalah ucapan selamat datang dari pengundang untuk tamu.

  1. Tari Putri Bekhuse

Jenis tari ini adalah tarian yang melambangkan kemakmuran di suatu daerah, tari ini yang bermaksud iyalah sang putri sedang bermain.

  1. Tari Piring

Jenis tarian ini adalah bersal dari Minangkabau, Solok, Sumatera Barat, tari piring ini cukup terkenal, dinamakan tari piring karena memang menggunakan dua buah piring sebagai alat utama. Tari ini melambangakan suasana gotong royong.

Dalam melaksakan tugas pada rakyatnya, misalnya siang hari rakyat bertani di sawah dan lading, tetapi pada malam hari rakyat bersukaria bersama.

  1. Tari Payung

Jenis tari payung adalah jenis tari yang berasala dari Minangkabau tari ini memakai payung yang di lakukan oleh 3 atau 4 orang penari yang masing-masing berpasangan, yang berarti 6 atau 8 orang. Tarian ini juga melambangkan tentang kasih sayang.

Di tari ini pasangan laki-laki akan melindungi pasangan perempuan dengan payung, hal ini yang membuat kalau tarian ini melambangkan pelindungan kaum pria terhadapa kaum wanita.

  1. Tari Maengket

Jenis tari ini adalah berasasl dari Minahasa di Sulawesi Urata yang menggunkan pakaian serba putih dan diperankan oleh penari laki maupun perempuan. Tarian ini dibawakan biasanya dalam jumlah yang banyak.

Bisa berisi laki semua, atau wanita semua ataupun campur. Tarian ini adalah suatu pengucapan syukur pada dewi atas kesuburan panen yang telah diadapat.

  1. Tari Palo Palot

Jenis tari ini adalah berasal dari Gorontalo di Sulawesi Utara. Tarian ini merupakan pergaulan yang biasanya diperankan oleh anak remaja di Gorontalo. Tarian palo palo ini dbagi menjadi dua karena perkembangan zaman.

Ada yang tradisional ada yang modern, yang modern bisanya dilakukan dengan music yang nadanya sudah diaransemen, sedangkan yang tradisional biasanya dimainkan dengan satu oenari saja yang dilakukan dengan iringan music pula.

  1. Tari Balumpa

Jenis tari ini adalah berasal dari Wakatobi di Sulawesi Tenggara. Tarian ini adalah digunakan untuk menyambut kedatangan tamu, tapi tidak sembarangan tamu, hanya tamu terhomat saja. Tarian ini juga bisanya hanya diperankan oleh wanita saja, sekarang tari ini sering ditampilkan di sebuah festival budaya dan pertunjukan seni.

  1. Tari Dinggu

Jenis tari ini masih berasal dari Sulawesi Tenggara, tarian ini adalah tari yang dimana menggambarkan suasana dan aktivitas masyarakaat, pada saat musim panen apalagi pada musim panen padi. Tarian ini biasanya diperankan oleh penari laki dan wanita, seperti petani pada zaman dulu.

  1. Tari Lumense

Jenis tari ini masih bersal dari Sulawesi Tenggara untuk lebih tepatnya adalah di Tokotu’a, Kabupaten Bombana. Lumense yang artinya adalah terbang tinggi, manse adalah tinggi dan lume adalah terbang. Tarian ini bisanya dipertunjukan untuk pada tamu di pesta rakyat.

Tarian ini dilakukan oleh jumlah orang genap bisanya adalah 12 orang yang diantaranya adalah setenggah laki dan setenggah permpuan.

  1. Tari Peule Cinde

Jenis tari ini adalah berasal adari Sulawesi Tengah. Tarian peule cinde ini acaranya adalah dengan menaburkan bunga untuk para tamu, bisanya dipertunjukan untuk penyambutan tamu penting.

  1. Tari Kipas Pakarena

Tarian kipas pakarena adalah jenis tari yang berasal di Sulawesi Selatan, Gowa. Setiap gerakan pada tarian ini memiliki makna yang berbeda-beda, tarian ini diawali dengan keadaan duduk dan diakhiri juga dengan keadaan duduk juga.

Gerakannya juga memutar sama seperti arah jarum jam, yang berarti bahwa kehidupan manusia itu adalah berputar-putar. Tarian ini juga menandakan atau mengespresikan kesetiaan, kelembutan, kesantunan, dan rasa hormat wanita gowa kepada pria.

  1. Tari Bosara

Jenis tari ini adalah berasal dari Makasar, yaitu di Sulawesi selatan. Tarian ini juga biasnaya digunakan untuk penyambutan tamu penting. Selain itu tarian ini juga dilakukan untuk perjamuan raja dengan jamuan dalam bentuk kue sebanyak 2 kasera. Satu lagi adalah tarian ini dilakukan dengan gerakan yang luwes.

  1. Tari Tandak

Tari yang berasal dari Riau ini adalah tarian pergaulan yang sangat digemari banyak orang.

  1. Tari Joged Lambak

Tari yang berasal dai riau ini juga adalah tarian anak mudan tentang pergaulan yang sangat disenangi.

  1. Tari Selamat Datang

Dari namanya saja sudah tahu kan apa guna dari tari ini. Tarian ini berasal dari Papua Timur, tari ini juga digunakan untuk menyabut tamu dengan penuh rasa gembira.

  1. Tari Musyoh

Masih bersala dari Papua tetapi ini dari Timur, tarian ini digunakan saat ada orang yang meninggal karena kecelakaan, untuk mengusir arwah yang orang tersebut.

  1. Tari Suanggi

Tari yang berasal dari papua barat ini adalah tari yang menceritakan kisah seseorang suami yang istrinya menjadi angi-angi atau makhluk jadi-jadian.

  1. Tari Perang

Tari perang ini masih dari papua tarian ini diperankan oleh rakyat papua untuk melambangkan kepahlawanan dan kegagahan.

  1. Tari Perang

Masih tari perang tetapi bedea tempat yaitu adalah Nusa Tenggara Timur. Tarian ini adalah untuk menunjukan sifat kepandaian dan keperkasaan meraka dalam menggunakan senjata-senjata mereka bisanya dengan menggunakan cambuk dan perisai.

  1. Tari Gareng Lameng

Tari gareng lemeng adalah tarian yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Tarian ini biasanya ditampilkan pada saat acara khitanan. Tarian dilakauakn untuk meminta keberkatan agar orang yan gmau dikhitan sukses dalam kehidupanya.

  1. Tari Mpaa Lenggogo

Tari mpaa lenggogo tarian ini bersal dari Nusa Tenggara Barat. Ditampilkan pada acara penyambutan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.

  1. Tari Batunganga

Tarian ini berasal dari Nusa Tenggara Barat, Tarian ini berlatar belakang tentang cerita rakyat yang menceritakan kecintaan rakyat kepada putri raja yang masuk ke dalam batu, lalu mereka memohon agar sang putri mau keluar dari batu itu.

  1. Tari Perang

Tarian asal Maluku Utara ini ditampilkan untuk menyambut para pahlawan yang pulang dari medan perang

  1. Tari Nahar Ilaa

Tarian asal Maluku Utara ini ditampilkan untuk mengikat persahabatan

  1. Tari Lenso

Tarian asal Maluku ini ditampilkan sebagai ajang pergaulan bagi seluruh lapisan masyarakat.

  1. Tari Cakalele

Tarian asal maluku ini melambangkan jiwa kepahlawanan yang gagah perkasa.

  1. Tari Jangget

Tarian asal Lampung ini digunakan untuk upacara adat. Tarian ini melambangkan budiluhur rakyat Lampung.

  1. Tari Malinting

Tarian asal Lampungini menceritakan tentang kunjungan dari Sunan Gunung Jati ke Keraton Pulung.

  1. Tari Gong

Tarian asal Kalimantan Timur ini ditampilkan dalam rangka menyambut tamu agung yang datang dan saat bayi dari kepala suku lahir.

  1. Tari Perang

Tarian asal Kalimantan Timur ini menampilkan pertarungan antara dua orang pemuda yang memperebutkan seorang gadis.

  1. Tari Tambun Dan Bungai

Tarian asal Kalimantan Tengah ini menceritakan kisah kepahlawanan dari Tambun dan Bungai dalam mengusir musuh yang mau merampas panen rakyat.

  1. Tari Balean Dadas

Tarian asal Kalimantan Tengah ini merupakan tarian untuk memohon kesembuhan bagi yang sakit.

  1. Tari Baksa Kembang

Tarian asal Kalmantan Selatan ini merupakan tarian untuk menyambut tamu dengan memberikan untaian bunga.

  1. Tari Radab Rahayu

Tarian asal Kalimantan Selatan ini ditampilkan pada upacara tepung tawar sebelum penganti pria dan wanita disandingkan.

  1. Tari Monong

Tarian asal Kalimantan Barat ini merupakan tari untuk menolak penyakit agar penderita dapat segera sembuh, ini seperti jampi-jampi dari dukun.

  1. Tari Zapin Tembung

Tarian pergaulan asal Kalimantan Barat

  1. Tari Remong

Tarian asal Surabaya yang melambangkan jiwa kepahlawanan dan ditampilkan pada waktu menyabut tamu.

  1. Tari Reog Ponorogo

Tarian asal Jawa Timur yang menunjukan kejantanan, kegagahan dan keperkasaan.

  1. Tari Serimpi

Tarian asal Jawa Tengah yang berasal dari keraton, dimainkan dalam suasana agung, lembut dan menawan.

  1. Tari Blambangan Cakil

Tarian asal Jawa Tengah ini mengisahkan perjuangan Srikandi yang bertarung melawan Buto Cakil (raksasa), yaitu sebuah perlambangan dari penumpasan angkara murka.

  1. Tari Topeng Kuncaran

Tarial asal Jawa Barat ini mengisahkan dendam kesumat dari seorang raja karena ditolak cintanya.

  1. Tari Merak

Tarian asal Jawa Barat ini mengisahkan kehidupan dari seekor Burung Merak yang indah dan serba memukau.

  1. Tari Sekapur Sirih

Tarian asal Jambi ini merupakan tarian persembahan dan memiliki persamaan dengan tari dari Melayu.

  1. Tari Selampir Delapan

Tarian asal Jambi ini merupakan tarian pergaulan bagi kaum muda-mudi di Jambi.

  1. Tari Topeng

Tarian asal DKI Jakarta ini merupakan sebuah tarian tradisional Betawi dalam rangka menyambut tamu istimewa.

  1. Taro Yopong

Tarian asal DkI jakarta ini merupakan sebuah tarian yang ditampilkan untuk menghormati tamu kenegaraan.

  1. Tari Andun

Tarian asal Bengkulu Selatan ini merupakan sebuah tarian yang ditampilkan dalam rangka menyambut tamu yang dihormati.

  1. Tari Bidadari Teminang Anak

Tarian asal Rejang Lebong ini dapat diartikan sebagai bidadari yang meminang anak.

  1. Tari Legong

Tarian asal Bali ini menceritakan kisah cinta Raja dari lasem yang diceritakan secara dinamis dan memikat hati.

  1. Tari Kecak

Tarian asal Bali ini bercerita tentang bala tentara monyet dari Hanuman dalam Kitab Ramayana.

  1. Tari Pendet

Tarian asal Bali ini merupakan tarian pemujaan yang ditampilkan di pura. Tarian melambangkan penyambutan kedatangan dewata ke alam dunia. Namun sekarang, para seniman Bali merubah Tari Pendet menjadi tarian “ucapan selamat datang”, pencipta koreografi modern untuk tari ini adalah I Wayan Rindi.

  1. Tari Seudati

Tarian asal Aceh ini awalnya berasal dari negara Arab dan berlatar belakang agama Islam. Tarian dinamis ini penuh dengan keseimbangan dan suasana keagamaan.

  1. Tari Saman Meuseukat

Tarian asal Aceh ini dilakukan dalam posisi duduk ber shaf dan irama dinamis. Tarian ini memiliki syair yang penuh dengan ajaran kebajikan dalam agama Islam.

Leave a Comment