10+ Jenis Lobster Air Tawar (Gambar, Cara Budidaya dan Harganya!)

Siapa sih yang tidak mengetahui lobster air tawar, pastinya semua orang pernah mendengar ikan ini. Nah berikut ini akan kami berikan penjelasan lengkapnya.

Mungkin mendengar nama lobster sudah tidak asing lagi ditelinga kita, karena memang jumlah ikan lobster yang hidup di perairan dunia sangatlah banyak. Ada dua jenis ikan lobster yang hidup sesuai dengan karakteristiknya.

Dari perbedaan itulah tidak semua ikan lobster bisa dibudidayakan, karena memang untuk membudidayakan lobster tentu kita harus mengetahui karakteristiknya, agar ikan lobster bisa dengan mudah beradaptasi.

Salah satu jenis ikan lobster yang paling banyak dibudidayakan yaitu ikan lobster air tawar, dimana lobster ini dianggap lebih mudah untuk di budidayakan. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara budidaya ikan lobster dengan baik.

Nah dalam hal ini anda perlu mendapatkan pengetahuan seputar ikan lobster. Anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan ini kami akan mengulas habis tentang lobster air tawar.

Pengertian Dan Asal Usul Lobster Air Tawar

Lobster merupakan salah satu species hewain air  yang paling banyak dibudidayakan saat ini, salah satu faktornya yaitu banyak orang yang meminati untuk memelihara species ini. Perlu anda ketahui juga, bahwa pada dasarnya lobster air tawar berasal dari tiga keluarga yang berbeda yaitu cambaridae, parastacidae, dan astacidae.

Untuk keluarga cambaridae kebanyakan ditemukan dibagian Timur Amerika Serikat.

Sedangkan untuk keluarga Parastacidae kebanyakan hidup di perairan Amerika Selatan, Australia, Selandia Baru, dan Madagaskar. Dan yang terakhir untuk keluarga Astacidae banyak ditemukan di negara Kanada, Kolombia, Eropa, dan Barat Laut Amerika Serikat.

Jadi dalam hal ini bisa disimpulkan bahwa lobster ini sudah menyebar di seluruh dunia kecuali di Benua Antartika dan Benua Afrika. Dan di Negara Indonesia sendiri terdapat spesies lobster air tawar yang berasal dari keluarga Parastacidae.

Jenis-Jenis Dan Harga Lobster Air Tawar

Bagaimana anda berminat untuk ternak lobster air tawar? Untuk membuat anda lebih yakin lagi, ketahui jenis dan harga lobster yang sangat lengkap berikut ini.

1. Dark Blue Yabby Lobster

Jenis lobster air tawar
Dark Blue Yabby Lobster

Jenis lobster yang pertama yaitu dark blue yabby lobster, dimana jenis lobster ini memiliki ciri khas warna biru gelap. Namun ketika panjang dari lobster ini sudah mencapai 5 inchi, maka warnanya akan berubah menjadi biru.

Selain itu lobster ini banyak ditemukan di bagian barat dari negara Australia. Untuk harganya sendiri yaitu sekitar Rp.20.000 per ekornya.

2. White Lobster

Jenis lobster air tawar
White Lobster

Seperti namanya jika jenis lobster ini memiliki warna putih cerah sebagai ciri khasnya. Dan perlu anda ketahui lobster ini memiliki nama lain yaitu Procambarus Clarkii.

Jenis ini sangat cocok sekali di pelihara oleh seorang wanita, dengan warnanya yang sangat menarik dan cantik akan membuat anda kagum. Untuk harganya sendiri yaitu sekitar Rp.25.000 per ekornya.

3. Zebra Lobster

Jenis lobster air tawar
Zebra Lobster

Zebra lobster juga tidak kalah menarinya untuk dipelihara, dengan keunikan warnannya membuat banyak orang tertarik untuk memelihara jenis lobster ini. lobster ini juga memiliki nama lain yaitu Cherax Sp, dimana lobster ini masih saudara dari Cherax Boesemani yang berada di daerah Papua.

Untuk harga lobster ini yaitu sekitar Rp.20.000 per ekornya.

Artikel Terkait: 7+ Jenis Ikan Discus Lengkap, Harga, Dengan Cara Budidayanya

4. Dark Rainbow Atau Cherax Boesemani

Jenis lobster air tawar
Dark rainbow Atau Cherax Boesemani Lobster

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, jika lobster Cherax Boesemani masih saudara dengan Lobster Cherax Sp atau zebra lobster. Selain itu lobster ini masih memiliki nama lain seperti red chili hummer dan red brick kreb.

Kelebihan dari lobster ini yaitu bisa bertahan hidup dalam suhu air 15-26 C. Untuk hargannya sendiri yaitu sekitar Rp.25.000.

5.   Rainbow Papua

Jenis lobster air tawar
Rainbow Papua Lobster

Rainbow Papua atau Cherax Pulcher merupakan salah satu lobster papua yang paling cantik di dunia. Bahkan dari beberapa peneliti di dunia mengatakan bahwa lobster ini termasuk ke dalam spesies yang baru, tentunya itu menjadi ciri khas dari lobster ini. Dengan keindahannya harga lobster ini sedikit mahal yaitu sekitar Rp.35.000 per ekornya.

6.   Astacopsis Gouldi

Jenis lobster air tawar
Astacopsis Gouldi Lobster

Ini merupakan salah satu lobster hias yang sering dikenal dengan sebutan Tazmania Giant Freshwater Lobster. Dimana lobster ini memiliki warna tubuh coklat kehitaman, khususnya pada bagian badan, capit, dan kepalanya. Selain itu lobster ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan jenis lobster air tawar pada umumnya.

Namun perlu di ingat bahwa lobster ini tidak cocok di budidayakan dalam suhu dibawah 200C. Untuk harga lobster jenis ini yaitu sekitar Rp.40.000 per ekornya.

7.   Red Lobster Atau Procambarus Clarkii

Jenis lobster air tawar
Red Lobster

Ini adalah salah satu lobster yang berasal dari keluarga Cambaridae, ciri khas dari lobster ini yaitu seluruh tubuhnya yang berwarna merah bata untuk yang jantan. Sedangkan untuk yang betina memiliki warna orange kemerahan.

Selain itu lobster ini memiliki panjang tubuh sekitar 12 cm, dengan berat antara 75 sampai dengan 1000 gram per ekornya. Untuk masalah harga lobster jenis ini yaitu sekitar Rp.35.000.

8.   Red Claw Atau Cherax Quardricaritanius

Jenis lobster air tawar
Red Claw Lobster

Jenis lobster  selanjutnya yaitu Red Claw, dimana lobster ini masih termasuk ke dalam jenis yang berasal dari keluarga Parastacidae. Nama Red Claw berasal dari warna merahnya yang berada pada kedua ujung capitnya. Jenis lobster ini sangat cocok di budidayakan dalam suhu 20-240 C.

Selain itu ciri khas dari lobster ini yaitu warna biru laut yang menyelimuti seluruh tubuhnya. Untuk harga lobster ini sendiri yaitu sekitar Rp.50.000 per ekornya.

Artikel Terkait: 70+ Jenis Ikan Hias Air Tawar Terpopuler Terlengkap dan Harga 2018!

9. Marron Atau Cherax Tenumanus

Jenis lobster air tawar
Morron Lobster

Ciri khas dari lobster ini yaitu warna tubuhnya yang biru keunguan. Hal inilah yang menjadi daya tarik orang untuk membudidayakan lobster jenis ini. kebanyakan lobster ini bisa hidup dalam suhu air dengan PH antara 6 sampai dengan 8. Untuk harga lobster ini yaitu berada pada kisaran Rp.30.000.

10.  Yabby Atau Cherax Destructor

Jenis lobster air tawar
Yabby Lobster

Jenis lobster yang terakhir yaitu Yabby yang berasal dari keluarga Parastacidae.Ciri khas utama dari lobster ini yaitu memiliki capit dengan ukuran yang besar. Bahkan capit tersebut ukurannya hampir sama dengan ukuran tubuhnya. Walaupun sering dikenal dengan lobster penghancur, tapi lobster ini memiliki warna yang sangat indah.

Lobster ini di dominasi oleh warna merah kecoklatan dan biru. Untuk harga lobster jenis ini yaitu sekitar Rp.45.000 per ekornya.

Cara Budidaya Lobster Air Tawar

cara budidaya lobster
Cara Budidaya Lobster

Bagaimana sudah menentukan pilihan untuk jenis lobster mana yang akan di budidayakan. Tapi sebelum itu simak ulasan lengkap tentang cara budidaya lobster air tawar berikut ini.

1.   Pemilihan Bibit Berkualitas

Dalam membudidayakan lobster pemilihan bibit adalah faktor pertama yang harus anda perhatikan. Karena perkembangan lobster tergantung dari bibit yang kita pilih.

Untuk menentukan bibit yang berkualitas anda juga harus memperhatikan beberapa hal, seperti mengetahui perbedaan lobster jantan dan betina, tidak memilih indukan lobster yang sedarah, dan memilih lobster yang memiliki tampilan cukup menawan.

2.   Mempersiakan Kolam Atau Akuarium Dengan Baik

Setelah anda memilih bibit yang berkualitas, langkah selanjutnya yaitu dengan cara mempersiapkan kolam tanah dan akuarium sebagai tempat untuk pembesaran lobster. Hal ini juga sangat berpengaruh dan harus anda perhatikan. Biasanya 1 minggu sebelum bibit lobster dilepaskan kolam sudah di isi dengan air.

Selain itu untuk ukuran akuarium yang ideal yaitu sekitar 100 x 50 x 30. Dengan ukuran tersebut mampu menampung sebanyak 3 lobster, dengan ketentuan 1 lobster jantan dan 2 lobster betina.

3.   Mulai Menebar Benih

Dalam menebar benih sendiri anda tidak boleh asal menebar saja, tapi anda harus memperhatikan ukuran dari benih lobster. Karena hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap perkembangan dari lobster itu sendiri.

Untuk itu lebih baik anda menebar benih dengan ukuran yang sama, dan idealnya dalam satu meter persegi di isi antara 5 ekor sampai dengan 10 ekor.

4.   Pemberian Pakan

Pertumbuhan dan perkembangan lobster tergantung dari bagaimana kita merawatnya. Dan salah satu hal yang wajib anda perhatikan yaitu makanan lobster. Dimana makanan lobster yang mengandung nutrisi cukup baik yaitu antara lain seperti, jagung basah, ketela pohon, dan beberapa jenis sayuran.

Pemberian pakan sendiri harus dilakukan 2 kali setiap harinya. Selain itu pastikan bahwa pakan yang anda berikan sudah jatuh ke dasar kolam. Karena lobster lebih menyukai makanan yang berada di dasar kolam.

5.   Pemanenan Lobster

Cara budidaya lobster yang terakhir yaitu proses pemanenan lobster. Biasanya seekor lobster sudah bisa dipanen untuk dikonsumsi yaitu ketika sudah berumur antara 6 sampai 8 bulan, atau ketika beratnya sudah mencapai 10-12 ekor perkilogramnya.

Ini merupakan ukuran standar dari pemanenan lobster, dan perlu di ingat bahwa semakin besar lobster harganya juga akan semakin mahal.

Artikel Terkait: √ Ikan Louhan Terlengkap Jenis-jenis, Gambar, Makanan Terbaik, Ternak

Kolam Untuk Lobster Air Tawar

Kolam Untuk Lobster
Kolam Untuk Lobster

Seperti yang sedikit kami singgung diatas, jika dalam proses pembesaran lobster kolam sangat berpengaruh sekali. Dimana hal pertama yang harus anda lakukan yaitu mengisi kolam dengan air satu minggu sebelum benih lobster di lepas.

Dan bagi anda yang menggunakan akuarium, maka ukuran idealnya yaitu 100 x 50 x 30, dimana ukuran tersebut mampu menampung sebanyak 3 ekor lobster. Selain itu perlu di perhatikan juga untuk menambahkan aerator atau kincir angin yang digunakan untuk membuat sebuah gelembung udara dan oksigen.

Makanan Terbaik lobster air tawar

Makanan Terbaik Lobster Air Tawa
Makanan Lobster Terbaik

Dalam proses pembesaran lobster sendiri, makanan sangat dibutuhkan sekali. Jenis makanan yang baik akan membantu mempercepat pembesaran lobster. Lobster sendiri merupakan salah satu jenis hewan omnivora atau pemakan segala.

Jadi dalam hal ini memberikan makanan tidaklah sulit, tapi kami sarankan agar anda memberikan makanan yang disukai oleh lobster seperti, cacing, wortel, ubi merah, jagung rebus, singkong, sayuran, dan jenis sayuran lainnya.

Namun bagi anda yang ingin membesarkan lobster dengan cepat, makanan alami saja tidak cukup. Salah satu faktornya yaitu kotoran dari makanan alami sangatlah banyak dan akan menumpuk di dasar kolam. Tentunya hal tersebut malah akan menghambat pembesaran lobster.

Untuk itu anda bisa menambahkan beberapa makanan buatan khususu untuk lobster. Yang terpenting dalam hal ini, makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.

Nah itulah pembahasan lengkap tentang lobster air tawar, bagaimana sudah mendapat pencerahan untuk budidaya lobster. Jika anda tertarik untuk membudidayakan lobster, langkah-langkah yang sudah kami sampaikan diatas wajib untuk anda perhatikan.

Leave a Comment