25 Nama-Nama Nabi Dan Rasul Lengkap (Urutan & Mukjizatnya!)

Sebagai umat islam, harus paham mengenai nabi dan rasulnya. Terlebih, sebagaimana telah ada pada rukun iman yaitu beriman kepada nabi dan rasul. Nama nama nabi dan rasul ini wajib di ketahui oleh umat islam.

Nabi diutus Allah SWT dalam menegakan syariat yang telah ada. Sedangkan Rasul diutus untuk membawa syariat baru oleh Allah SWT.

Adapun nabi dan rasul yang diwajibkan untuk diketahui yaitu 25 nabi saja. Anda harus tahu urutan nama nama nabi dengan benar.   Simak selengkapnya nama nama nabi dan rasul lengkap.

Nama nama 25 Nabi dan rasul tersebut dalam perjalanannya diberikan mukjizat yaitu kelebihan oleh Allah SWT. Selain itu, nabi dan rasul tentu memiliki hati yang jauh lebih baik serta ketabahan luar biasa dalam menyebarkan ajaran Allah SWT.

Ada 5 nabi yang mendapatkan gelar ulul azmi yaitu memilki kesabaran serta ketabahan yang luar biasa. Untuk itu, kami akan memberikan informasi nama nama nabi dan rasul lengkap.

Artikel Terkait: 20 Sifat Sifat Allah Arti dan Penjelasanya Terlengkap (Wajib, Mustahil)

5 Nama Nabi Yang Memiliki Julukan Ulul Azmi Atau Rosul

Ulul Azmi

Nama-nama Nabi ini memiliki julukan dikarenakan memiliki ketabahan dan kesabaran yang luar biasa, dalam menjalankan kehidupan dan dakwahnya pada setiap zamanya. Berikut ini adalah 5 Nama Nabi tersebut:

1. Nabi Nuh AS.

2. Nabi Ibrahim As.

3. Nabi Musa AS.

4. Nabi Isa AS.

5. Nabi Muhammad SAW.

Artikel Terkait: 99 Asmaul Husna & 99 Doanya Lengkap Amalkan (Arab, Inggris, & Artinya!)

25 Nama Nama Nabi Dan Rasul Lengkap Dengan Mukjizatnya

Sebagai bentuk kewajiban umat muslim terhadap rukum iman maka harus memahami 25 nama nabi dan rasul antara lain:

  1. Nabi Adam A.S

Nabi adam merupakan manusia sekaligus khalifah pertama yang di ciptakan Allah SWT dari segumpal tanah. Tugas Nabi Adam A.S yaitu untuk mengesakan Allah SWT kepada para keturunannya. Allah berfirman pada QS. Al-Baqarah ayat 30:

nama nama nabi

  1. Nabi Idris A.S

Merupakan keturunan dari keenam Nabi Adam A.S. Beliau merupakan Nabi pertama yang diangkat berdasarkan garis keturunan Nabi Adam A.S. Allah SWT memberikan mukjizat kepada Nabi Idris A.S.

Berupa kepandaian, kejujuran, ketrampilan dalam kebutuhan manusia. Seperti untuk mengenal tulisan, ilmu menjahit, menulis dan sebagainya.

  1. Nabi Nuh A.S

Nabi Nuh Alaihissalam di berikan mukjizat untuk menyelamatkan kaumnya dari banjir bandang yang membasmi bagi kaum berbeda ajaran. Allah SWT memberikan banjir bandang akibat keingkaran dan di binasakan semuanya pada peristiwa tersebut.

Kesabaran Nabi Nuh dengan pengikutnya termasuk binatang memberikan hasil selamat dari peristiwa tersebut. Atas kesabarannya tersebut Nabi Nuh A.S mendapatkan gelar Ulul Azmi.

  1. Nabi Hud A.S

Utusan Allah SWT yang di peruntukan dalam memberikan nasihat kepada orang-orang sombong serta mengingkari ajaran-ajaran benar. Allah SWT memberikan adzab kepada mereka berupa badai panas yang membuat sumber air semakin hilang.

Termasuk dengan tanaman dan buah-buahan yang banyak di cari. Kemudian, Allah mendatangkan awan hitam  disertai badai topan dan petir. Nabi Hud A.S serta pengikutnya selamat dan berhijrah.

  1. Nabi Sholeh A.S

Mukjizat yang diberikan yatiu adanya Onta betina yang lahir pada celah-celah batu. Hal ini merupakan salah satu kebesaran Allah SWT bagi kaun Tsamud di jamannya. Nabi Sholeh A.S diutus untuk menyampsaikan risalahnya.

nama nama nabi

  1. Nabi Ibrahim A.S

Ibrahim merupakan salah satu nabi yang memperoleh gelar Ulul Azmi atas kesabarannya. Di jamannya, terkenal raja yang berkuasa yaitu Namrud. Banyak masyarakat yang menyembah berhala. Namun, Nabu Ibrahim menyadarkan masyarakat dan menghancurkan berhala.

Kemudian, Raja Namrud marah dan menghukum Nabi Ibrahim dengan membakarnya. Namun, atas kuasa Allah SWT api tersebut tidak membakar nabi Ibrahim.

Firman Allah SWT:

nama nama nabi

Artinya :

nama nama nabi

  1. Nabi Luth A.S

Nabi Luth A.S merupakan utusan Allah SWT terhadap kaum sodonmserta Gomorrah yang memilik perilaku seks menyimpang.

Saat Nbi Luth menyerukan untuk dapat bersikap baik dan meninggalkan hal buruk tersebut, justru mendapatkan perlakuaan yang buruk.

Atas dasar tersebut, Allah SWT menurunkan adzab berupa gempa bumi dan hujan badai. Akhirnya, penduduk kaum tersebut binasah.

  1. Nabi Ismail A.S

Mukjizat yang dimiliki oleh nabi Ismail ialah keselamatan saat Ayahnya ( nabi Ibrahim A.S) hendak melakukan penyembelihan atas perintah Allah SWT.

Kemudian, saat hendak di sembelih Allah SWT mengantikan Nabi Ismail dengan domba. Atas hal ini, maka muncul berqurban.

  1. Nabi Ishaq A.S

Merupakan putra dari nabi Ibrahim A.S dan menemani ayahnya dalam berdakwah. Namun, Istrinya yang bernama Rafwah Binti Batu’il memiliki masalah pada kehamilan.

Tetapi, atas doa yang di panjatkan oleh Nabi Ishaq A.S kepada Allah SWT istrinya pun mengandung dan melahirkan.

  1. Nabi Yaqub A.S

Nai Yaqub A.S merupakan anak dari Nabi Ishaq A.S serta seorang ayah dari Nabi Yusuf A.S. Sebelum wafat, dirinya berwasiat kepada putranya yang tercantum dalam Al-Quran:

nama nama nabi

  1. Nabi Yusuf A.S

Dikaruniai berupa wajah yang tampan dengan, dan membuat banyak wanita tertarik kepadanya. Selain itu, Nabi Yusuf A.S juga merupakan seorang penafsir mimpi yang paling handal.

  1. Nabi Ayub A.S

Cobaan yang dibeirkan kepada nabi Ayuh A.S bahkan dapat membuat istrinya pergi meninggalkannya. Beliau memiliki penyakit kulit yang susah untuk di sembuhkan.

Meskipun begitu, pada akhirnya Allah SWT memberikan kuasanya atas kesabaran dan keikhlasan dalam menghadapi hal tesebut. Sebagaimana firman Allah SWT:

nama nama nabi

  1. Nabi Syuaib A.S

Allah SWT menyelamatkan Nabi Syuaib A.Satas bencana yang adzab untuk kaum Madyan. Beliau diutus untuk menyampaiakn ajarannya, namun tidak di tanggapi dengan baik.

Akhirnya, Allah memberikan Adzab berupa badai panas serta awan hitam yang menghancurkan kaum madyan.

  1. Nabi Musa A.S

Allah SWT memberikan kelebihan kepada Nabi Musa A.S berupa tongkat yang dapat berubah menjadi ular. Selain itu, atas bantuan dari Allah SWT tongkat Nabi musa dapat membelah laut merah dan menyelamatkan dari kejaran Raja Fir’aun.

Beliau juga mendapatkan gelar ulul azmi karena kesabarannya dalam berdakwah dan menghadapi firaun.

  1. Nabi Harun A.S

Kelebihan yang diberikan oleh Allah SWT kepada nabi Harun A.S berupa kemampuan bahasa yang sangat baik. Sehingga, sangat membantu nabi musa dalam melakuan perjalanan dakwahnya.

  1. Nabi Zulkifli A.S

Nabi Zulkifli A.S terkenal akan sifat dermawannya kepada semua orang. Bahkan, kepada orang yang membenciya pun selalu tetap dermawan. Nabi Zulkifli A.S mendapat keselamatan dari reruntuhan bangunan rumah ayahnya ( Nabi Ayyuh) yang menewaskan seluruh anak beliau.

  1. Nabi Daud A.S

Allah menurunkan kitab Zabur kepada Nabi Daud. Selain itu, Allah SWT juga memberikan berbagai maam kemampuan seperti memahami bahasa burung mampu melembutkan besi dengan tenaga kosong. Ditambah, kelebihan lainya yaitu memiliki suara yang merdu.

  1. Nabi Sulaiman A.S

Alah SWT mengkaruniakan Nabi Sulaiman A.S berupa kebijaksaan dalam perjalanan dakwahnya. Selain itu, Nabi Sulaiman A.S juga mampu berbicara dengan bintang seperti ular dan burung. Selain itu, Beliau juga bisa menundukkan jin untuk menurutinya.

  1. Nabi Ilyas A.S

Bani israil sangat gemar menyembah patung yang memiliki nama Ba’al. Karena itu, Allah mengutus Nabi Ilyas A.S untuk mengajarkan syariat yang benar.

Namun, kaum tersebut jusru menentang Nabi Ilyas A.S. Karena itu, Allah SWT menurunkan adzab pedih berupa kemarau berkepanjangan.

Namun, hal ini tidak berlangsung lama dan mengulanginya kembali. Akrena itu, Allah SWT memberikan adzab yang lebih pedih kepada bani Israil.

  1. Nabi Ilyasa A.S

Beliau di utus oleh Allah SWt untuk berdakwah pada kaum bani israil. Perjalanannya dala berdakwah memang tidak selalu mulus. Bahakan, Nabi Ilyasa termasuk dalam hamba Allah SWT terbaik. Mukjizat yang diberikan yaitu dapat menghidupkan kembali orang meninggal.

  1. Nabi Yunus A.S

Mukjizat yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Yunus A.S yaitu saat Beliau selamat ketika di telan oleh paus. Kejadian ini disebabkan Nabi meninggalkan Kaum Asyiria di Ninawa.

  1. Nabi Zakaria A.S

Beliau merupakan utusan Allah SWT kepada bani israil yang tinggal di palestina. Beliau di karuniai keturunan setelah umurya uzur. Hal ini dikarenakan istrina yaitu Isya merupakan wanita mandul.

Meskipun begitu Nabi Zakaria A.S meminta doa dan permohonan kepada Allah SWT. Akhirnya, Allah SWT memberikan kandungan kepada Isya yaitu Nabi Yahya A.S.

  1. Nabi Yahya A.S

Ketika lahir, ayahnya( nabi Zakaria A.S) sudah dalam usia lanjur. Beliau sudah dikenal sejak kecil dapat belaajr dengan rajin serta memiliki kegemaran yaitu membaca. Bahkan, saat masih kecil juga sudah bisa memutuskan perkata manusia.

Kemampuan yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Yahya berupa menyelesaikan persoalan mengguankan rahasia agama. Memperkenalkan kebenaran dan menuntun pada jalan yang benar.

  1. Nabi Isa A.S

Selain diberikan kitab injil oleh Allah SWT, Nabi Isa A.S juga masih memiliki banyak kelebihan. Beliau mampu berbicara saat masih bayi. Bahkan, Nabi Isa A.S mampu membentu burung berjiwa hanya dengan menggunakan tanah.

Selain itu, beliau juga diberikan kelebihan untuk dapat menyembuhkan orang buta, menghidupkan orang meninggal dan menurunkan makanan dari langit. Nabi Isa A.S mendapatkan gelar ulul azmi atas ketaguhan dan kesabaran menyampaikan ajaran islam.

  1. Nabi Muhammad S.A.W

Allah SWT mengutus Nabi Muhammad S.A.W sebagai Nabi terakhir. Tidak akan pernah ada lagi utusan setelah beliau. Nabi Muhammad S.A.W memberikan ajaran yang telah di sempurnakan dari Nabi dan Rasul terdahulu.

Adapun mukjizat yang diberikannya yaitu menerima Al-Quran serta di karuniakan peristiwa besar islam seperti Isra dan Miraj.

Selain itu, Nabi Muhammad juga dikenal akan kecerdasanya dalam menuntun umat. Ditambah, Beliau juga mendapatkan julusan ulul Azmi dari kecil sampai dewasa.

Itulah nama nama nabi dan rasul lengkap yang harus di pahami oleh semua umat muslim. Mereka ialah orang pilihan yang memiliki mukjizat dari Allah SWT serta memiliki kedudukan yang lebih tinggi di bandingkan manusia lainnya.

Semoga kita dalam menjalani kehidupan ini tidak mensia-siakan waktu yang ada.

Leave a Comment