√ Sugar Glider Terlengkap (Gambar, Jenis, Perawatan, dan Mengawinkan)

Hewan ini memiliki nama ilmiah yaitu adalah Wipih Sirsik, tetapi kita lebih mengenal dengan nama Sugar Glider atau yang bisanya disingkat dengan SG. hewan ini memiliki tubuh yang kecil dan berposum meluncur. Hidup pada malam hari atau noktunal dan juga termasuk golongan Marsupilami, memakan segalanya atau omnivora.

Tapi pada bahasa Inggrisnya yang mengacu pada binatang ini untuk memakan nektar manis, dan mempunyai kemampuan untuk meluncur di udara, seperti bajing terbang. Walaupun Sugar glider mempunyai bentuk fisik dan kebiasaan yang hampir sama dengan tupai terbang, secara genetis mereka tidak terkait erat.

Wupih sirsik merupakan hewan endemik dari daratan Australia. Pulau Papua dan pulau-pulau yang berada di Indonesia. Satwa ini telah didatangkan ke pulau Tasmania

Jenis Sugar Glider dan Harganya

Jenis Sugar Glider dan Harganya
Sugar Glider Cremeino

Jenis utama SG yaitu sebenernya hanya ada 6 jenis saja, yang lainya adalah campuran-campuran yang tetap pada dasarnya adalah 6 jenis yang ada. Untuk lebih jelasnya dan lengkapnya yuk baca berikut ini:

Albino

Jenis Sugar Glider
Sugar Glider Albino

Jenis Albino adalah yang paling langka sulit juga termasuk yang paling sulit untuk ditemukan. Seperti pada binatang Albino lainya yang memiliki warna tubuh dan rambut yang putih kecuali matanya yang merah, hal ini dikarenakan adalah memiliki kelainan pigmen.

Karena sulit dicari dan juga sulit untuk mendapatkannya walaupun para breeder sudah mencoba tetap saja sulit. Jenis Albino ini memiliki harga yang sangat mahal sekali bisa terbilang jenis SG termahal. Untuk satu ekornya saya pernah melihat disuatu penjualan dengan harga 15 juta rupiah untuk yang dewasa.

Tapi untuk saat ini harga yang sudah mulai turun, dengan mempunyai uang sekitar 8-10 juta kamu sudah bisa mendapatkan jenis Albino ini.

Leucistic

Jenis Sugar Glider
Sugar Glider Leucistic

Yang kedua adalah jenis Leucistic jika kamu melihat secara sekilas jenis ini akan terlihat sangat mirip dengan jenis Albino. karena memiliki warna rambut yang sama-sama putih polos, bagi pemula membedakanya ada dengan cara melihat matanya, jika Leucistic memiliki mata yang hitam sedangkan albino matanya merah.

Tetapi untuk orang yang berpengalaman bisa membedakan dari warna putihnya karena dari kadar keputihan rambutnya memang berbeda. Untuk harga jenis leucistic ini mencapai 10 juta rupiah, yang berminatpun sekarang banyak.

Tetapi semakin banyak jumlah dan peminat yang kurang banyak jenis ini bisa didapatkan dengan harga yang cukup turun jauh yaitu 6 juta rupiah. Tapi semu itu juga tergantung keadaan dan kuliatas pada SG tersebut.

Mosaic

Jenis Sugar Glider
Sugar Glider Mosaic

Ini adalah yang ketiga jenis yang paling saya suka, jenis ini juga yang paling banyak diminati oleh penghobi SG. karena SG ini memiliki warna rambut yang sangat bagus jika dilihat, memiliki warna dasar yang putih tapi sedikit memiliki corak grey classic.

Untuk harga satu Mosaic ini pernah mencapai 5-6 juta perekornya, termasuk harga yang paling mahal juga ya, tapi sekarang kamu bisa dapatkan jenis ini dengan harga 2-3 juta saja perekor tapi kembali lagi semua itu tergantung corak, kuliatas, dan kondisi fisik pada SG ini.

Ringtail atau White Tip

Jenis Sugar Glider
Sugar Glider Ringtail / White Tip

Ringtail atau White Tip adalah SG yang sebernarnya hampir sama warnanya dengan SG jenis grey biasa, yang membuat SG ini terlihat lebih unik adalah memiliki rambut putih pada ujung ekornya, terkadang juga ada yang seperti cincin yang banyak. Wajahnya pun juga memiliki warna kuning keputihan.

Hal ini lah yang membuat jenis SG ini menjadi mahal, karena jarang juga untuk diternakan. Untuk kamu yang ingin memiliki SG Jenis ini kamu bisa mendapatkan dengan harga 2-3 juta rupiah, walaupun dulu jenis ini bisa terjual sampai 8 juta rupiah perekornya.

Tergantung pada motif pada ekornya tadi, kerena memang yang cukup sulit juga didapatkan.

White Face

Jenis Sugar Glider
Sugar Glider White Face

Yang kelima adalah White Face atau disingkat dalam bahasa para pecinta SG adalah WF. untuk warna tubuh SG ini adalah sama seperti Grey Classic tapi ada yang berbeda pada wajahnya, memang terlihat wajah yang WF lebih putih dibandingkan dengan Grey biasa.

Hal ini yang membuat jenis ini dibedakan dengan Grey dan harganyapun juga sangat jauh dibandingkan dengan jenis Grey. Jenis WF ini juga sering disebut oleh para breeder adalah Sugar Glider bule. kalau ngomongin harga SG jenis WF ini adalah cukup terjangkau ya.

Bisa kamu dapatkan dengan harga 800 ribu – 1 juta Rupiah saja. Walaupun dulu jenis ini dijual dengan harga yang cukup mahal yaitu 2-2,5 juta rupiah.

Classic Grey

Jenis Sugar Glider
Sugar Glider Classic Grey

Jenis ini adalah yang paling banyak, karena memang harganya yang paling murah. SG ini adalah jenis yang paling sering kamu lihat di mana-mana, kebanyak orang memlihara jenis ini. karena memiliki harga yang paling terjangkau dan juga sangat mudah untuk ditemukan.

Rambut yang terdapat pada jenis ini adalah abu-abu gelap, terkadang juga ada yang coklat, memiliki garis hitam di punggung hingga kepala.

Untuk harga Gugar Glider ini yang satu ini dulu pernah mencapai 500 ribu rupiah perekornya, tetapi semakin meningkatnya jumlah dan banyak sekali perternak yang menjual jenis ini hanya dihargai 300-400 ribu rupiah saja.

Kandang Minimal dan Mewah Sugar Glider

"<yoastmark

 

"<yoastmark

Tentu saja sebelum memelihara binatang ini kita harus mempersiapkan tempat untuk dia hidup.

Ini contoh kandang yang cukup bagus untuk Sugar Glider, diberi rumah bagus untuk tempat bersembunyi. Karena binatang ini butuh tempat untuk istirahat di siang hari, untuk beraktivitas di malam harinya.

Mainan Sugar Glider

Mainan Sugar Glider
Mainan Sugar Glider

Ini adalah yang juga tidak kalah penting karena SG adalah binatang yang sangat aktif, hewan ini perlu mainan yang banyak, di atas ini adalah contoh mainan SG yang bagus. Jika kandang dipenuhi mainan seperti ini akan lebih enak juga kan untuk dilihatnya, tapi jangan lupa untuk selalu rajin mencuci mainan yang nantinya bau.

Makanan Sugar Glider

Makanan Sugar Glider
SG Sedang Makan

Makanan Sugar Glider, ini adalah yang paling penting juga tidak kalah dengan kandang Sugar Glider.

Makanan Sugar Glider di alam liar adalah serangga dan buah buahan, untuk mencari sendiri setiap hari akan menyulitkan kamu. Tetapi tenang saja para pecinta sugar glider menemukan makanan pengganti yang malah bisa dibilang lebih lengkap dibanding dengan yang di alam liar.

Makanan paling bagus untuk memenuhi kecukupan gizi Sugar Glider adalah bubur bayi. Bubur bayi berbagai merek dan berbagai harga, semua mempunyai kandungan yang menucukupi asupan sehari-harinya. Tetapi setiap merek mengandung kalsium yang berbeda-beda.

Para pemula bisa memberi jenis bubur bayi seperti promina, sun atau cerelac bebas asal rasanya saya sarankan hanya 3 rasa ini beras merah, pisang, dan kacang hijau.

Untuk saya sendiri memakai promina yang rasa pisang atau beras merah, kenapa promina, karena memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi dibandingkan dengan yang lain. Tetapi memang harganya juga sedikit lebih mahal dibanding yang lain.

Nah makanan yang lainya adalah serangga, serangga yang paling sering dijadikan makanan SG ini adalah jangkrik dan ulat hongkong/ulat jerman. Tapi kamu tidak boleh memberikan serangga ini secara berlebihan, maksimal kamu memberikan ulat ini cukup sekitar 5-10 saja perharinya, untuk jangkrik cukup 1-3 saja. Sehari dibagi 3 waktu pagi, siang, dan malam.

Cara Mengawinkan Sugar Glider

 

Mengawinkan Sugar Glider
Sugar Glider Kawin

Untuk kamu yang ingin mengawinkan Sugar Glider tidak boleh asal-asalan ya karena ini adalah binatang yang cukup sensitif. kamu haru memperhatikan umur daripada Sugar Glider itu sendiri. Jika hal ini tidak diperhatikan akan menyebabkan efek yang cukup parah bagi SG ini.

Untuk hal pertama yang akan saya bahas adalah umur SG yang akan kamu kawinkan, jika kmau ingin mengawinkan SG kamu harus memiliki sg yang umurnya sudah mencukupi masa kawin. Umur yang disarankan adalah yang betina satu tahun, dan dengan jantan yang berumur minimal 7 bulan.

Karena jika dikawinkan pada umur dibawah itu akan membuat SG itu sendiri tidak siap untuk memiliki anak, ibaratnya adalah manusia, bisa memiliki anak tapi belum siap untuk memiliki anak. Jangan biarkan Sugar Glider yang kamu pelihara mengalami hal ini, karena bagian terburuknya adalah SG kamu bisa mati.

Untuk hal lain adalah ibu SG itu akan memakan anaknya sendiri karena stress. Hal ini sering terjadi karena umur yang belum cukup tetapi dipaksakan untuk kawin, proses perkawinan ini biasanya memakan waktu selama 2 minggu. Jadi sebaiknya didalam kandang hanya disiapkan rumahnya saja

Untuk mainanya bisa disingkirkan dulu selama 2 minggu tadi. Jangan lupa juga untuk memberikan ulat hongkong atau jangkrik sebagai penyubur bagi keduanya (jantan maupun betina).

Tapi sebelum semua itu dilakukan hal yang tidak kalah penting adalah, bisa dibilang perkenalan antara keduanya. Kamu harus menyiapkan 2 kandang yang berbeda, kemudian taruhlah dua kandang itu berdempetan. Hal ini dilakukan selama seharian, setelah terlihat cocok dan tidak berkelahi kamu bisa menggabungkanya.

Cara Merawat Sugar Glider Joey

Cara Merawat Sugar Glider Joey
Bayi Sugar Glider dan Induknya

Bubur bayi yang berbagai maca merek tadi dapat diganti dengan makana khusus sugar glider karena sekarang SG food sudah banyak di petshop-petshop terdekat. Karena bagaimanapun bubur bayi dan bubur binatang akan memiliki kandungan yang berbeda.

Untuk yang bubur bayi akan memiliki kandungan laktosa yang cukup lebih banyak, hal ini sebenanarnya kurang bagus untuk si SG, tetapi yang SG food ini memiliki kandungan susu kambing yang memang sangat cocok untuk semua lambung binatang, juga ada beepollenya.

Cara memberikan Makan Sugar Glider Joey

  • Siapkan bubur bayi yang dicampur susu tadi bikin hingga encer.
  • Sedot bubur bayi yang dicampur susu bubuk tadi dengan sedotan tadi (tanpa jarum suntiknya ya!)
  • Berikan ke Sugar Glider Joey yang udah di tutup badannya dengan kain
  • Tutup badannya terutama tangan dan kakinya pakai tissu atau kain kering seperti singlet dan lain-lain supaya tidak berontak.
  • Keluarkan sedikit aja di suntikan tadi, lantas di sodorkan ke mulutnya jangan dipaksa.
  • Biarkan dia yang cium lantas dia yang jilat-jilat bubur bayi tadi.
  • Kalo udah abis di ujung sedotan itu jauhkan sedotannya dari mulutnya, trus keluarin dikit lagi, kasi lagi secukupnya hingga kenyang.

Leave a Comment